Rabu, 02/12/2020, 14:51:47
Diterjang Arus Deras, Abutment dan Sayap Jembatan Longkrang Ambrol
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pengendara kendaraan hati-hati melintasi jembatan Sungai Longkang yamg ambrol bagian sayap dan abutment akibat terjangan arus deras (Foto: Zenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Abutment atau pondasi jembatan Sungai Longkrang di jalan kabupaten ruas Bumiayu-Cilibur Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ambrol akibat tergerus arus deras sungai, Selasa 01 Desember 2020 malam.

Selain abutment, sayap jembatan juga ikut ambrol hampir setengah badan jalan. Akibatnya kendaraan yang melintas terutama kendaraan roda empat harus bergantian. Selain itu kendaraan berat seperti truk juga dilarang melintas karena dikhatirkan dapat mengakibatkan kerusakan lebih parah pada jembatan yang berada di perbatasan antara Desa Langkap dengan Desa Adisana tersebut.

Pengamatan di lokasi nampak bagian yang ambrol setinggi tiga meter dan panjang sekitar tiga meter. Sebelum abutment ambrol turun hujan lebat sejak pukul 14.00 WIB hingga sore hari dan arus air sungai sangat deras.

Staf Kantor UPTD PU Wilayah Bumiayu, Siswanto ST membenarkan ambrolnya abutment jembatan Longkrang tersebut. Pihaknya telah meninjau le lokasi dan melakukan penanganan darurat dengan memasang pembatas jalan darurat agar pengendara hati-hati saat melintasi jembatan.

“Hujan cukup deras menyebabkan arus sungai menjadi deras dan mengikis abutment Jembatan Sungai Longkrang sehingga akhirnya ambrol," katanya Rabu 02 Desember 2020.

Kerugian material akibat ambrolnya sayap dan abutment jembatan itu diperkirakan mencapai Rp 200 juta. Selanjutnya akan segera dilakukan penanganan darurat pada bagian jembatan yang ambrol oleh pihak terkait.

"Sudah kami survei nanti akan ada penangan darurat atau sementara agar kerusakan tidak makin parah," pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita