Senin, 23/11/2020, 17:41:57
Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD Bumiayu Tambah Ruang Isolasi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

RSUD Bumiayu di jalan A Dahlan Koa Kecamatan Bumiayu, menambah ruang isolasi untukpasien Covid-19 (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - RSUD Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menambah ruang isolasi untuk pasien COvid-19. Penambahan ruang isolasi dilakukan setelah jumlah pasien Covid-19 terus meningkat dan RSUD Bumiayu kewalahan untuk merawat pasien Covid-19.

Direktur RSUD Bumiayu, dr Arif Budi Santoso mengatakan, sebelumnya memiliki 13 ruang isolasi, karena beberapa kali menngalami over sehingga dilakukan penambahan sebanyak 10 ruang.

"Kami menambah lagi ruang isolasi untuk pasien Covid19 sebanyak 10 ruang," katanya kepada awak media, Senin 23 November 2020.

Menurutnya, sebelumnya ada 13 ruang islolasi dan jumlah itu kurang karena belakang ini jumah pasien Covid-19 terus melonjak dan membutuhkan perawatan.

"Dalam sehari terkadang bisa masuk pasien Covid-19 empat orang, sehingga, dibutuhkan ruang isolasi yang baru," ungkap Zunan.

Dikatakan, saat ini ada 11 pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Bumiayu. Pasien yang dirawat tersebut positif Covid19 dan mengalami gejala yang membutuhkan perawatan.

"Hari ini ada 11 yang dirawat, mereka menjalani perawatan di ruang isolasi karena sakit dan bergejala," ucap Zunan.

Diungkapkan, pasien yang dirawat hanya yang bergejala dan ada komorbid. Pasien tersebut memrlukan perawatan dan pengobatan untuk penyembuhan sehingga dillakukan isolasi di Rumah Sakit.

"Kalau yang tidak bergejalan atau tanpa gejala dan tidak komorbid, meski dinyatakan positif Covid-19 tidak perlu dirawat, cukup isolasimandiri di rumah," terang Zunan.

Masih menurut Zunan, peningkatan jumlah kasus Covid-19 akhir-ahir ini diduga akibat kurangnya disiplin warga dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu juga adanya libur panjang pada akhir bulan Oktober lalu, sehingga banyak perantau dari luar daerah atau juga sebaliknya banyak warga yang bepergian ke luar daerah.

"Disiplin warga dalam memakai masker dan protokol kesehatan lainnya sangat rendah, ini juga berdampak meningkatnya jumlah kasus Covid-19," tuturnya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Zunan mengajak masyarakat untuk benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Wajib memakai masker untuk melindungi diri dan orang lain dari paparan virus Covid-19.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita