Senin, 09/11/2020, 15:21:04
Panen Semangka, Dewi Aryani: Pemuda Harus Bangga Jadi Petani
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani dialog dan panen semangka bersama kader PDIP Perjuangan bidang pertanian, KNPI, Pemuda Tani HKTI Kabupaten Tegal, Agro Tegal Mandiri dan para petani. (Foto-Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Kebangkitan pertanian menjadi daya ungkit kemajuan pembangunan ketahanan pangan, sekaligus kedaulatan bangsa Indonesia ke depan. Tanpa petani kemajuan sektor apapun tidak akan berkemajuan, karena semua bahan pangan yang menjadi fondasi kehidupan manusia kuncinya ada di peran petani.

Hal itu dikatakan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si saat dialog bersama kader PDIP Perjuangan bidang pertanian, KNPI, Pemuda Tani HKTI Kabupaten Tegal, Agro Tegal Mandiri dan berbagai unsur penggiat pertanian lainnya.

Dialog seputar kebangkitan sektor pertanian dan usaha bidang pertanian dilakukan di tengah lahan budidaya pertanian semangka Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Dewi Aryani juga melakukan panen perdana semangka Inul bersama petani penggarap dan beberapa ormas kepemudaan dan masyarakat, Senin 09 November 2020.

Pada kesempatan itu hadir juga Ketua KNPI Kabupaten Tegal, Ersal Aburizal. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Nurhayati. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo dana dari PT. Tanine Makmur Sentosa serta undangan lainnya.

“Peran pemuda saat ini sangat penting untuk mulai melirik sektor pertanian baik dalam urusan budidaya tanam, inovasi bibit dan olah pertanian, hingga menggali berbagai usaha bidang pertanian,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Dikatakan Dewi Aryani yang juga menjabat sebagai Ketua DPP HKTI Bidang Kerjasama Luar Negeri, tema dialog yang diangkat adalah ‘menggali peluang usaha sektor pertanian’.

“Saya siap mendukung kiprah para pemuda di Kabupaten Tegal dalam mengelola sektor pertanian,” tuturnya.

Dalam dialog, Politisi dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini, tidak saja membahas soal pemasaran tapi juga bagaimana hasil bumi petani punya nilai tambah, sekaligus punya nilai jual yang jauh lebih baik untuk pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri.

“Para pemuda tidak perlu malu menjadi petani, bahkan harus bangga. Ke depan harus lebih banyak orang kaya dari sektor pertanian, sehingga kebangkitan pertanian menjadi daya ungkit kemajuan pembangunan ketahanan pangan sekaligus kedaulatan bangsa ini ke depan,” ungkap Dewi Aryani.

Dewi Aryani menegaskan, tanpa petani kemajuan sektor apapun tidak akan berkemajuan karena semua bahan pangan yang menjadi fondasi kehidupan manusia kuncinya ada di peran petani.

“Petani sejahtera negara makin maju,” tandas Dewi Aryani yang didampingi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bidang Pertanian, Nok Farkhatun.

Acara diakhiri makan siang bersama dengan menu nasi ponggol daun jati lauk tempe rajek wesi, sayuran, sambal, ikan asin dan lainnya. Selain nikmat juga memberdayakan semua olahan hasil petani lokal. Dewi Aryani juga membagikan paket sembako untuk para petani dan pemuda penggiat pertanian yang hadir.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita