Rabu, 28/10/2020, 20:54:48
Dee Chicken dan Samudra Cinta, Bangkitkan Usaha Ekonomi Kreatif
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani (kanan) bersama owner PT. Gendis Gemilang Sejahtera, Dian Kresna (kanan) meluncurkan program usaha ekonomi kerakyatan untuk membangkikan usaha ekonomi kreatif masyarakat. (Foto-Foto: Gaharu/Dok Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si melakukan sesuatu yang punya makna dengan program ekonomi kerakyatan, yaitu membangkitkan semangat pemuda melalui usaha ekonomi kreatif.

Gerakan ini ditandai dengan peluncuran program Ekonomi Kerakyatan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu 28 Oktober 2020.

“Prodruk yang kami luncurkan ada dua jenis, yaitu produk ayam goreng, burger dan minuman kekinian dengan brand Samudra Cinta,” tutur Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.  

Dijelaskan Politisi dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, bentuk ekonomi kerakyatan ini, karena konsepnya mulai dari menggunakan gerobag sampai dengan restoran.

Gerobak-gerobak diperuntukan untuk kalangan bawah yang ingin punya usaha, ingin menjadi entrepreneur tapi modalnya tidak banyak. Modal usaha ini antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta, artinya masih dibawah Rp 10 juta.

Untuk mendapatkan gerobak dengan peralatan lengkap, dan 300 bahan ayam serta kemasanya, modal yang dibutuhkan hanya Rp. 9 juta. Pada saat peluncuran, peminat yang sudah mendaftar sebanyak 30 orang.

Perhitunganya, lanjut Dewi Aryani, dengan brand yang cukup baik, dengan kwalitas produk yang baik, dengan rasa yang baik dan faktor-faktor higienis yang terjaga dengan baik, serta pacaging yang dibuat cantik akan menarik konsumen.

“Harapan saya, dengan modal Rp 10 juta akan kembali modal tidak sampai dua bulan. Produk yang ditawarkan ini tidak kalah dengan produk asing, termasuk kardusnya, paper bagnya, kemudian rasanya benar-benar terjaga,” terangnya.

Menurut Dewi Aryani, usaha ini tidak hanya menumbuhkan ekonomi kerakyatan, tetapi juga menciptakan keramaian-keramaian baru di desa-desa. Misalnya di Bumijawa, Bojong Kabupaten Tegal yang jauh dari perkotaan, dengan kuliner-kuliner ini akan hidup dan menjadi ramai.

“Dengan program ekonomi kerakyatan ini, jika masyarakat ingin makan enak, tidak perlu jauh-jauh turun ke kota. Ini akan menghidupkan desa-desa,” harapnya

Lebih lanjut dijelaskan, program ini bukan hanya untuk perorangan, tapi bisa kelompok, bisa koperasi dan hingga BUMDes. Misalnya ada satu kelompok dengan anggota 10 orang, satu orang bisa dengan modal Rp 1 juta.

Jadi hal ini bisa mendidik anak-anak muda sekaligus tahu bagaimana cara bergotong-royong, untuk memiliki usaha yang hasilnya akan dibagi bersama. Jadi kelompok ini boleh dua, tiga, 10 orang atau 20 orang dengan modal masing-masing Rp 500 ribu.

“Kebersamaan dalam kelompok ini akan menciptakan kepedulian dan gotong royong yang riil,” ujar Dewi Aryani.

Dengan program ekonomi kerakyatan ini, Rumah Arpirasi Dewi Aryani membantu membantu masyarakat untuk punya usaha yang punya nilai, karena sudah terdaftar di HAKI dan punya hak cipta.

“Harga jual ayam goreng dan minuman kekinian, bersaing dengan harga yang ada. Harga standar kaki lima, tapi pelayanan dan kwalitas bintang lima,” ungkapnya.

Sementara owner PT. Gendis Gemilang Sejahtera, Dian Kresna mengatakan kerja sama ini terbentuk karena di HKTI punya visi misi memperluas wilayah pemberdayaan masyarakat, sehingga melalui program ekonomi kerakyatan ini, Dewi Aryani akan membangkitkan semangat pemuda melalui usaha ekonomi kreatif.

“Bu Dewi Aryani adalah pembina saya di HKTI pusat,” terang Dian Kresna.

Dijelaskan, Gendis Gemilang Sejahtera dalam kerja sama ini sebagai vendor penyedia untuk franchise Dee Chicken dan minuman kekinian Samudra Cinta. Juga sebagai penjamin kwalitas bahan baku.

“Di Tegal ini, PT. Tanine Makmur Sentosa akan menjadi motor dari gerakan Dee Chicken dan Samudra Cinta. Dan yang menjadi kelebihan dari produk ayam goreng Dee Chicken, menggunakan ayam yang fress dan bahan bakunya berkwalitas semua,” tambah Dian Kresna.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita