Rabu, 28/10/2020, 13:27:12
Peringati Sumpah Pemuda, Dewi Aryani Luncurkan Program Usaha Rakyat
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani menggoreng ayam menandai launching program usaha ekonomi kerakyatan berupa ayam goreng dan aneka minuman. Ayam goreng dan minuman langsung dicicipi untudangan yang hadir. (Foto-Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Di tengah masa pandemi Covid-19, dimana banyak warga kehilangan pekerjaan karena PHK, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si memberikan solusi meluncurkan program usaha ekonomi kerakyatan.

Peluncuran program Ekonomi Kerakyatan bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, dilaksanakan di Pendopo Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu 28 Oktober 2020 pukul 09.30 WIB.

Peluncuran  dihadiri sekitar 60 undangan, diantaranya 30 peminat pertama program usaha, Kader Partai, Pengurus Pemuda Tani Kabupaten Tegal, Pengurus BUMP Kabupaten Tegal, Penggiat UMKM dan Penggiat Program Limbah Jelantah. Acara juga dihadiri pejabat Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tegal.

Selain itu hadir juga dari PT Tanne Makmur Sejahtera dan owner PT. Gendis Gemilang Sejahtera, Dian Kresna. Ketua Departemen Perempuan PDI Perjuangan Kabupaten Tegal, serta Dosen Universitas Muhamadiayah Magelang, Lilik Andriyani.

“Program ini sengaja saya rancang untuk menjawab berbagai pertanyaan dan harapan masyarakat di tengah masa pandemi. Banyak warga kehilangan pekerjaan karena PHK dan berbagai alasan lainnya,” tutur Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Menurut Politisi PDI Pejuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini, masyarakat yang kehilangan pekerjaan membutuhkan solusi berupa peluang usaha yang investasinya murah, tapi hasilnya baik dan maksimal.

“Hasil usaha yang maksimal tentu harus memenuhi beberapa syarat diantaranya adalah mutu produk, rasa yang khas, pelayanan yang baik dan harga terjangkau. Selain itu faktor higienis juga menjadi prioritas dalam prosesnya,” jelas Dewi Aryani.

Dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, lanjut Dewi Aryani, tema ‘Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan’ sangat tepat. Selain membangun kesadaran para pemuda untuk bangkit dan berkarya, juga menjawab permasalahan yang ada saat ini yaitu membangun semangat entrepreneurship dan menatap masa depan lebih optimis.

“Selain itu turut membangkitkan UMKM yang ke depan harus menjadi tulang punggung dan fondasi ketahanan ekonomi masyarakat. Rakyat mandiri dan berdikari akan memperkuat ketahanan bangsa,” kata Dewi Aryani yang juga duduk sebagai Direktur Pengembangan Usaha Koperasi HKTI pusat.

Dewi Aryani mengingatkan, program usaha yang diluncurkan ini bisa dimiliki dan dikelola oleh perorangan, kelompok, koperasi hingga BUMDes. Konsepnya dari yang paling simpel berupa gerobak sampai outlet kecil hingga restoran.

“Tak hanya kuliner, saya juga sedang berpikir keras mencari ide lain untuk menggandeng para pemuda kreatif dan inovatif, untuk mengembangkan aneka usaha kecil menengah yang bisa diadopsi banyak kalangan,” tandas Dewi Aryani.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita