Jumat, 23/10/2020, 00:01:14
Kampung Literasi dan Kampung Dongeng Jadi Percontohan Jateng
LAPORAN JOHARI

Tim Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah, kunjungi Kampung Literasi

PanturaNews (Tegal) - Kampung Literasi dan Kampung Dongeng, di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal dikunjungi tim dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah, Kamis 22 Oktober 2020.

Menurut Dr Yusqon selaku penggagas Kampung Literasi dan Kampung Dongeng, kunjungan tim dari provinsi untuk melihat langsung jalannya dua kampung yang dianggap telah menjalankan praktik terbaik dalam hal layanan dan pemberdayaan terhadap anak dan perempuan. Sehingga dua kampung ini menjadi percontohan di tingkat Jawa Tengah.

“Dua kampung disebut jadi best practise di Jawa Tengah. Jadi kalau di Kampung Literasi untuk melihat tiga program unggulan seperti PAUD, layanan baca, dan ruko wirausaha perempuan. Untuk anak-anak disediakan kolam tempat bermain," kata Yusqon kepada wartawan, usai menerima kunjungan.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, Kampung Literasi memang sudah bergelut salah satunya dalam memberantas buta aksara seperti adanya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bagi warga sekitar. Termasuk melatih perempuan warga sekitar untuk mampu berwirausaha contohnya dengan membuka warung Literasi. Gerakan nyata tersebut, sebagai salah satu program untuk mendorong kemajuan dalam mewujudkan Kota Tegal yang layak anak dan perempuan.

"Soal kampung literasi tugasnya memang memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar terutama dalam mencerdaskan anak bangsa," pungkas Yusqon.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita