Kamis, 22/10/2020, 13:42:42
Bertepatan Hari Santri, SMK Ma'arif NU Paguyangan Resmikan Masjid
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Peresmian penggunaan masjid Ath-Tholab di komplek SMK Ma'arif Paguyangan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada Kamis 22 Oktober 2020, SMK Ma'arif NU Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menggelar peresmian Masjid Ath-Tholab yang ada di lingkungan sekolah tersebut.

Peringatan HSN diisi dengan pembacaan doa untuk keselamatan bangsa dan negara. Pembacaan doa yang dipimpin oleh satu guru itu diikuti oleh seluruh siswa dan segenap dewan guru.

"Acara diawali dengan pembacaan doa-doa memohon keselamatan bangsa dan negara," ujar Kepala SMK Ma'arif Paguyangan, Mardiyanto MPd.

Puncak acara peringatan HSN dengan peresmian masjid Ath-Tholab. Masjid yang berdiri kokoh dan megah itu dibangun menghabiskan anggaran Rp 320 juta yang bersumber dari dana swadaya dan pengembangan institusi selama dua tahun.

"Pembangunan membutuhkan waktu tiga bulan sekarang sudah jadi dan dapat digunakan," ungkap Mardiyanto.

Menurutnya, keberadaan masjid di lingkungan sekolah sangat penting, utamanya untuk mendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Adanya masjid akan mempermudah pelaksanaan pendidikan berkarakter.

"Maajid fungsinya sangat penting untuk penerapan pendidikan karakter," ujar Mardiyanto.

Dikatakan, bagi pendidikan masjid memiliki banyak fungsi diantaranya yang paling utama ialah sebagai tempat ibadah, khususnya shalat. Masjid sebagai sarana bagi siswa untuk melaksanakan shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah.

"Jadi dengan pelaksanaan ibadah tentu tingkat kecerdasan spiritualnya akan makin baik," kata Mardiyanto.

Masjid, kata dia, juga berfungsi sebagai tempat kegiatan proses belajar mengajar dalam memperdalam ilmu agama Islam. Di mana setiap siswa berhak untuk mendapatkan ilmu melalui kajian-kajian agama yang diadakan di masjid.

"Sebagai masyarakat majemuk, sudah seharusnya masjid juga senantiasa digunakan untuk menyebarkan dakwah yang menyejukkan dalam praktik kehidupan sehari-hari," terang Mardiyanto.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita