Senin, 19/10/2020, 19:42:44
Tak Kunjung Diperbaiki, Ribuan Warga Kerja Bhakti Perbaiki Jalan Kabupaten
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Warga Desa Pandansari kerja bhakti perbaik jalan kabupaten yang rusak (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Tidak kurang dari seribu warga Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, melakukan perbaikan darurat pada jalan kabupaten ruas Kretek-Kaligua. Kerja Bhakti itu dilakukan setelah bertahun-tahun jalan utama tersebut dibiarkan rusak tanpa ada pemeliharaan.

Kepala Desa Pandansari, Irwan Susanto mengatakan, kerja bhakti melakukan perbaikan darurat dilakukan sepanjang enam kilometer, mulai dari pertigaan Cipetung menuju arah perkebunan teh Kaligua.

"Ada sekitar seribu warga melakukan kerja bhakti di jalan hampir sepanjang enam kilometer," katanya kepada wartawan, Senin 19 Oktober 2020.

Menurutnya, kerja bhakti yang dilakukan pada Minggu 18 Oktober 2020 melakukan perbaikan darurat meliputi pengerukan lumpur di selokan (drainase), pemotongan ranting hingga penutupan lubang yang menganga di sepanjang jalan. Khusus pengerukan, warga sampai mengerahkan satu alat berat lantaran banyaknya timbunan lumpur.

"Kerja bhakti atau gotong-royong dilakukan karena warga mengeluhkan kondisi jalan yang penuh lubang dan lumpur tersebut, bahkan telah menyebabkan kecelakaan, " ungkapnya.

"Kecelakaannya bahkan siang Mas. Terakhir ada motor yang jatuh karena selip ban menghindari banyaknya lubang," ungkap dia.

Diungkapkan, meski jalan sudah lama mengalami kerusakan, belum ada tindakan dinas terkait untuk melakukan perbaikan. Padahal jalan tersebut akses utama untuk aktivitas ekonomi bagi warga. Selain itu, jalan tersebut merupakan akses satu-satunya menuju wisata Kaligua.

"Jalan ini sangat vital karena untuk jalur angkutan hasil sayuran dari warga. Belum lagi di sektor wisata, sehingga banyak pick up hingga truk yang melintas," kata Irwan.

Kegiatan gotong-royong tersebut, diikuti dari warga lokal hingga komunitas pecinta mobil. Mereka dengan antusias memperbaiki jalan secara swadaya.

"Dengan semangat, mereka membersihkan selokan dan menutup lubang jalan menggunakan puing bangunan yang dikumpulkan," katanya.

Irwan pun berterima kasih kepada seluruh warga dan pihak yang berpartisipasi. Dengan membantu tenaga yang luar biasa dapat memperlancar aktivitas bersama.

"Semoga segera ada perhatian dari pihak terkait untuk perbaikan jalan secara permanen," pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita