Jumat, 16/10/2020, 12:52:46
KONI Brebes Gelar Rockport, 87 Peserta Ambil Bagian
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni membuka rockport di lintasan atletik Stadion Karangbirahi Brebes (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Jajaran pengurus beserta staf dan dan atlet berprestasi di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar tes kebugaran.

Tes kebugaran dengan metode rockport itu dilaksanakan di lintasan atletik Stadion Karang Birahi Brebes, Jumat 16 Oktober 2020 pagi.

Rockport adalah sebuah metode yang dipergunakan untuk menilai tingkat kebugaran tubuh seseorang. Dengan tubuh yang bugar, diharapkan para atlet dan pengurus beserta staf KONI Brebes dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan optimal.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan Bidang Kesehatan KONI Brebes tahun 2020.

Ketua Umum KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni mengatakan, kegiatan rockport dapat dilakukan secara periodik dan kontinyu. Mengingat manfaat yang di dapat untuk kesehatan dan kebugaran bagi para peserta rockport.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan tim Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes," ujar Ahmad Zaeni.

Menurut Zaeni, dari para peserta tersebut, ada sebanyak 15 orang tim rockport mengambil data kesehatan. Di antaranya mulai dari berat badan, tinggi badan, tekanan darah hingga denyut nadi.

Pengukuran tersebut di lakukan sebelum dan sesudah melaksanakan lari dalam lintasan atletik sejauh 1,6 Km.

Selanjutnya, hasil pelaksanaan rockport di sampaikan kepada peserta untuk diketahui tingkat kebugarannya masing-masing.

Didapatkan sebagian besar dengan tingkat kebugaran cukup dan beberapa atlet dengan kategori baik.

"Dengan mengetahui tingkat kebugarannya masing-masing, diharapkan para peserta rockport dapat menindaklanjuti apa dan bagaimana sebaiknya untuk menjadi lebih bugar," kata Ahmad Zaeni.

Sejalan dengan tujuan KONI Brebes, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Brebes melalui Kabid Kesmasnya , Dr. Rudi Pangarsaning Utami, M. Kes yang hadir, mengatakan, bahwa kegiatan itu termasuk salah satu program Germas atau gerakan masyarakat untuk hidup sehat.

Dia mengatakan siap memfasilitasi KONI Brebes untuk pelaksanaan promotif dan preventif di bidang Kesehatan.

Sementara, Drg. Adhi Supriadi, M.Kes yang juga ketua bidang kesehatan KONI berharap rockport berikutnya dapat melibatkan semakin banyak atlet supaya semakin banyak yang dapat mengukur dan menilai tingkat kebugaran tubuhnya masing-masing.

Adapun, hasil rekapan hasil rockpot KONI Kabupaten Brebes, yakni dengan jumlah peserta sebanyak 87 orang. Di antaranya hasil
baik sekali 2 orang, baik 18 orang, cukup 31 orang, kurang 25 orang, dan kurang sekali sebanyak 11 orang.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita