Kamis, 15/10/2020, 11:37:20
Ratusan Warga Rapid Test, Dewi Aryani: Disiplin Jaga Protokol Kesehatan
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani menggelar Rapid Tets dan sosialisasi Program Indonesia Sehat bagi ratusan warga di Rumah Aspirasi HD Desa Sidoharjo, Kecamatan Suradadi. (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Peran keluarga harus di tingkatkan, terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini. Pengetatan semua saran dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan keluarga, harus di efektifkan dari lingkup keluarga.

Hal itu dikatakan anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si saat menggelar Rapid Test bagi ratusan warga di Rumah Aspirasi HD Desa Sidoharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis 15 Oktober 2020.

“Jika kebiasaan dalam keluarga tertib dan disiplin, otomatis masyarakat luas juga akan tertib dan disiplin melakukan protokol kesehatan. Kedisiplinan ini di mulai dari masing-masing lingkungan keluarga,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Kegiatan sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada masa pandemi Covid-19, dilakukan dalam rangkaian Reses. Hadir pada kesempatan itu perwakilan dari Kemenkes, Dinas Kesehatan Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten dan Kota Tegal.

“Semua undangan sekitar 200 orang yang dibagi dalam 2 sesi pagi dan siang hari ini, diwajibkan mentaati protokol kesehatan diantaranya cek suhu badan, cuci tangan pakai sabun dan semua wajib mengikuti rapid test,” terang Dewi Aryani.

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini, sosialisasi Program Indonesia Sehat sangat penting, karena keluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan  penyakit, selain peran dari kualitas lingkungan dan sarana serta prasarana kesehatan.

“Keluarga juga merupakan tempat pertama kali kehidupan sosial dan pendidikan didapatkan oleh anak, termasuk pendidikan terkait kesehatan. Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini, akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan baik di keluarga maupun masyarakat,” tutur Dewi Aryani.

Diharapkan, dengan kegiatan ini warga sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan, terutama disiplin melaksanakan protokol kesehatan. “Untuk pencegahan penyebaran Covid-19, warga agar mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter,” pungkas Dewi Aryani.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita