Rabu, 14/10/2020, 15:21:22
Sejahterakan Warga, Pemdes Karangjongkeng Bagikan Ribuan Bibit Pohon
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kepala Desa Karangjongkeng, Abdul Mukhit SH menunjukkan ribuan bibit pohon yang dibagikan gratis untuk warganya (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Desa (Pemdes) Karangjongkeng, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, membagikan ribuan bibit dari beberapa jenis pohon kepada warganya. Pembagian bibit pohon secara gratis tersebut untuk mendorong warganya meningkatkan kesejahteraan.

Kepala Desa Karangjongkeng, Abdul Mukhit SH mengatakan, ada 10 ribu bibit pohon berbagai jenis diberikan secara gratis kepada warganya.

"Warga dapat datang dan memilih sendiri bibit pohon yang diinginkan untuk ditanam di pekarangan atau lahannya sendiri," ujarnya, Rabu 14 Oktober 2020.

Menurutnya, bibit pohon yang diberikan kepada warganya terdiri dari tanaman buah seperti durian, sirsak, jambu dan pete. Ada juga tanaman hias awperti glodogan dan ketapang, yang semua diberikan secara gratis.

"Warga tinggal memilih yang penting ditanam dan dipelihara dengan baik," kata Mukhit.

Dikatakan, bibit tanaman buah nantinya setelah besar dan berbuah diharapkan akan menambah penghasilan bagi warga, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan.

"Setelah ditanam agar dipelihara agar dapat berbuah dan menambah penghasilan," ucap Mukhit.

Selain itu, pembagian bibit tanaman bertujuan pula untuk menjaga kelestarian lingkungan. Lingkungan yang hijau akan bermanfaat bagi kelestarian alam dan juga menjaga kesehatan bagi warga.

"Lingkungan yang asri dan hijau tentu akan lebih menyehatkan, kelestariam alam juga akan terjaga," tutur Mukhit.

Diungkapkan, ribuan bibit pohon dari jenis tanam keras itu diperoleh secara pribadi dari rekannya. Didorong keinginan yang kuat untuk membangun desanya menjadikan k3mudahan mendapatkan bibit tersebut.

Ditambahkan, sebelumnya di beberapa titik lokasi warga, termasuk di pekarangan warga juga telah dibuat biopori yang berfungsi untuk meningkatkan serapan air saat musim hujan.

"Banyaknya biopori yang telah dibuat akan menambah kesuburan tanah, karena kesediaan air tanah terjaga," pungkas Mukhit.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita