Kamis, 08/10/2020, 16:24:44
Demo Ribuan Massa Tolak UU Cipta Kerja di DPRD Kota Tegal Ricuh
LAPORAN JOHARI

Massa yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar merangsek ke gedung DPRD Kota Tegal mendesak penolakan disahkanya UU Cipta Kerja. (Foto: Dok/Johari)

PanturaNews (Tegal) - Ribuan mahasiswa dan pelajar yang menamakan 'Aliansi Rakyat Tegal' menggeruduk Gedung DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis 08 Oktober 2020 siang.

Massa menolak disahkannya Omnibus law Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU) oleh DPR RI. Secara bergantian, mahasiswa berorasi yang intinya menolak disahkannya UU Cipta Kerja dan hujatan kepada DPR.

Massa yang semula mahasiswa, namun semakin siang massa terus bertambah dari pelajar SMK yang bergabung dengan peserta aksi lainnya.

Sayangnya, aspirasi para peserta aksi tak tersalurkan, karena anggota DPRD setempat diketahui sedang dinas luar kota. Poster beragam kecaman kepada DPR mewarnai jalannya aksi.

Aksi yang semula tenang, namun semakin siang bertambah bringas, setelah massa membakar ban dan lempar-lemparan botol air mineral juga batu. Tak sedikit massa yang terluka terkena timpukan batu dari temannya sendiri.

Jalannya aksi sempat diwarnai sedikit kericuhan. Massa yang terprovokasi, sempat bersitegang dengan aparat keamanan. Massa baru bisa dikendalikan, setelah Satuan Brimob turun tangan dengan menyemprotkan air menggunakan water canon.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari yang hadir bahkan sempat memberikan imbauan, agar penyampaian aspirasi dilaksanakan dengan tertib dan memperhatikan protokol kesehatan. Kapolres juga naik ke mobil pengeras suara untuk menenangkan massa.

"Silahkan sampaikan aspirasi, kami akan melindungi kalian, yang terluka silahkan ke tim medis untuk diobati dan yang haus silahkan kami menyediakan air minum, yang penting tertib," teriak kapolres.

Massa pendemo baru bubar sekitar pukul 14.00 WIB dengan tertib.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita