Kamis, 24/09/2020, 18:38:41
Wakil Ketua DPRD Gelar Konser Dangdut Saat Covid-19 Melonjak
LAPORAN JOHARI

Konser Dangdut di Lapangan Tegal Selatan

PanturaNews (Tegal) – Miris, di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Kota Tegal, Jawa Tengah yang grafiknya terus naik, Wakil Ketua DPRD Wasmad Edi Susilo dari Fraksi Golkar malah menggelar acara hajatan dengan hiburan dangdut.  Acara hajatan tersebut digelar di Lapangan Kecamatan Tegal Selatan, Rabu 23 September 2020, siang hingga malam.  

Meriahnya acara hajatan itu mengundang ratusan warga untuk datang menonton. Banyaknya warga yang menonton penyanyi dangdut yang bergantian tampil akhirnya menimbulkan kerumunan di depan panggung hiburan. Selain berkerumun, tak sedikit warga tampak tak memakai masker.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Pancasakti Tegal, Hamidah Abdurrachman menyoroti digelarnya acara hajatan disertai dangdutan di tengah peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kota Tegal tersebut. Apalagi, tuan rumah hajatan adalah seorang pejabat.

 “Pejabat seharusnya memiliki sense of crisis. Kita sedang bersama-sama berjuang menghadapi dan melawan Covid-19 sampai Presiden mengeluarkan Inpres Nomor Tahun 2020 demi perlindungan masyarakat," kata Hamidah, Kamis 24 September 2020.

Kapolsek Tegal Selatan, Kompol Juharno mengatakan, acara hajatan yang digelar Wasmad sudah mengantongi izin disertai surat pernyataan untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Izin diajukan pada tanggal 1 September. Jadi sebelum turun TR (Telenggram) Kapolda Jateng tanggal 8 September. Tadi saya pantau untuk tamu udangan sudah dilaksanakan protokol kesehatan di antaranya penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan cindermata masker bagi tamu yang tidak bawa masker, pengecekan suhu tubuh, dan physical distancing," kata Juharno, Kamis 24 September 2020.

Meski demikian, Juharno menyebut izin tersebut dikeluarkan untuk acara hajatan saja. Adapun terkait acara dangdutan, dia menyatakan tidak sesuai dengan pengajuan izin. "Dari awal kami sudah minta bahwa hiburan sebatas untuk mengiringi tamu makan siang. Tetapi pada faktanya ada panggung besar sehingga ada kerumunan massa. Jadi tidak sesuai," ujarnya.

Sementara itu, Wasmad Edi Susilo enggan memberikan keterangan saat coba dimintai konfirmasi. "Saya lagi pening, jangan sekarang," kata dia singkat.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita