Kamis, 24/09/2020, 15:10:08
Peringati Hari Tani, Bupati: Pertanian Bantu Sejahterakan Warga Brebes
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Peringati hari tani nasional, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti bersama Forkopinda melakukan panen dan tanam padi bersama di Desa Pruwatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Memperingati hari tani nasional, Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan panen padi bersama Bupati dan Forkompinda di Dukuh Wiru Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kamis 24 September 2020. Selain panen padi, juga dilakukan tanam padi bersama bupati dan Forkompinda.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE mengatakan, sektor pertanian merupakan sektor yang banyak memberikan kesejahteraan bagi warga Brebes. Bahkan Brebes dikenal sebagai penghasil bawang merah.

"Kita dikenal sebagai penghasil bawang merah, bahkan bawang merah ini telah diekspor ke luar negeri dalam bentuk pasta," katanya.

Selain bawang merah, Brebes juga dikenal sebagai penghasil beras. Sehingga warga Brebes dapat dikatakan pendapatan ekonominya dari sektor pertanian. Bahkan pada masa pandemi Covid -19 sektor pertanian merupakan yang paling mampu bertahan dan pertumbuhan cukup tinggi.

"Seperti dilaporkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bahwa pertumbuhan pertanian di masa Covid-19 ini tertinggi," ungkap Idza.

Kepala DPKP Brebes, Ir Yulia Hendrawati mengatakan, peringatan hari tani nasional Kabupaten Brebes dipusatkan di Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu dengan kegiatan panen dan menanam padi bersama bupati dan Forkompinda.

"Peringatan hari tani ke 57 ini mengambil tema Pertanian Andalan Ekonomi Nasional pada Masa Covid-19," ujarnya.

Tema tersebut sejatinya untuk mengingatkan agar perhatian tetap menjadi perhatian karena pertumbuhannya termasuk tertinggi di masa pandemi Covid-19, yakni mencapai 16,24 persen.

"Artinya sektor ini termasuk ya g ma.pu bertahan meski menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

Kegiatan diisi dengan panen padi bupati bersama Forkompinda dan juga tanam padi. Hal itu bertujuan agar pertanian di Brebes dapat terus maju dengan dukungan oleh semua pihak.

"Adanya dukungan tersebut akan sangat berarti atau menyemangati para petani dalam menjalankan profesinya" kata Yulia.

Kegiatan peringatan hari tani nasional di Desa Pruwatan dihadiri Dandim 0713 Brebes Letko Arm Moh. Haikal Sofyan, Kepala Dinpermades Subagiyo SH SIP, anggota DPRD Brebes H Imam Sairi, Camat Bumiayu Eko Purwanto SP MSi, Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto, Kepala Desa Pruwatan Rasiman dan lainnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita