Sabtu, 19/09/2020, 12:45:40
Karangjongkeng Upayakan Kemandirian Desa Melalui RPJMDes
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kegiatan Musdes RPJMDes Karangjongkeng pada Jumat kemarin (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Desa Karangjongkeng Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Jumat 18 September 2020 di Balai Desa setempat.

Kepala Desa Karangjongkeng Abdul Mukhit SH mengatakan, Musdes dilakukan guna menyusun RPJMDes untuk jangka waktu enam tahun kedepan. Rancangan rencana pembangunan diupayakan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tanggungjawab.

"Adanya RPJMDes pembangunan desa akan lebih terukur dapat dipertanggungjawabkan dan utamanya untuk menyejahterakan rakyat," Katanya.

Menurutnya, program pembangunan di Karangjongkeng memiliki nuansa agamis dan nasionalis serta meningkatkan potensi sumber daya yang ada. Termasuk menghidupkan perekonomian warga, baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau lainnya, sehingga akan menyejahterakan warga.

"Intinya bagaimana pembangunan di Desa itu dapat benar-benar menyejahterakan warga Karangjongkemg dapat menjadi desa yang mandiri," ujar Mukhit.

Dikatakan, setelah melalui pembahasan akhirnya disepakati 14 pokok pembangunan yang terdiri 10 rencana fisik dan empat rencana non fisik. Rencana fisik meliputi beberapa pembangunan, yakni sarana olah raga, gedung serba guna, jembatan dan bendungan, tempat rekreasi, jalan pertanian, perbaikan jalan Desa dan lampu penerangan jalan,

"Termasuk pembangunan gedung BKD, pembangunan talud dan pembangunan gedung BUMDes," kata Mukhit.

Sementara rencana pembangunan kon fisik di antaranya meliputi upaya meningkatkan SDM, meningkatkan UKM, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Untuk non fisik sangat diutamakan, karena untuk pemberdayaan dan peningkatan perekonomian warga," tegas Mukhit.

Kegiatan Musdes diikutioleh para tokoh Agama, tokoh pemuda, ketua RT dan RW ketua BPD dan anggotanya LPM bersama seluruh anggota, Ketua PKK dan seluruh ketua Pokja tokoh pendidikan ketua MPP. Hadir pula tim pemantau dari Kecamatan Tonjong, di antaranya Sekcam Tonjong, Dalmadi di SH dan lainnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita