Kamis, 17/09/2020, 19:51:08
Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Pakujati Bangun Pasar Wisata
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pasar Pakujati dalam proses pembangunan. Pasar dibangun dengan konsep wisata belanja terpadu (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Dalam rangka tingkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, membangun pasar dengan konsep pasar wisata. Pasar yang dibangun dengan dana swadaya ini akan dilengkapi dengan lapangan olahraga dan kolam renang. Pasar yang dibangun di atas lahan bengkok desa seluas 1,5 hektar.

Kepala Desa (Kades) Pakujati Ari Hendri Kusumo mengatakan, anggaran pembangunan pasar bersumber dari dana swadaya masyarakat.

"Dana pembangunan murni dari swadaya masyarakat. Non Dana Desa (DD) dan belum ada bantuan dari Pemkab Brebes samasekali," ujarnya kepada awak media Kamis 17 September 2020.

Menurutnya, pekerjaan pembangunan pasar tersebut, telah dimulai pada awal Agustu 2020 dan ditargetkan akan selesai selesai 2021. Selama pekerjaan, semua pekerja berasal dari warga lokal Pakujati.

"Awalnya ada 70 orang kini tinggal 15 orang. Ini tentu membantu perekonomian warga di saat pandemi. Sebab menyerap pekerja lokal," ungkapnya.

Diungkapkan, hingga sekarang pendapat asli desa (PAD) masih nol rupiah. Namun dengan semangat mensejahterakan warganya, desa tetap meneruskan pekerjaan pasar tersebut.

"Kami sejak awal memiliki ikhtiar agar dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat menengah ke bawah," kata dia.

Pengelolaan pasar diserahkan kepada BUMDes Pakujati mulai dari desain pembangunan hingga manajemen. Dengan pengelolaan yang profesional tapi tetap berkontribusi bagi masyarakat.

"Sudah ada komitmen bahwa jika sudah berjalan, dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan dan kesehatan warga," ucapnya.

Pasar yang dilengkapi lapangan olahraga dan kolam renang ini nantinya terdiri dari 100 toko dan 64 petak los. Meski dalam tahap pembangunan toko semuanya sudah habis dipesan. Sedangkan kolam renang direncanakan untuk dewasa dan anak-anak.

"Perkiraan total anggaran untuk menyelesaikan pasar, kolam renang dan semuanya capai Rp 6 Miliar," katanya.

Diakui, dengan kondisi pandemi cukup kesulitan dalam mencari dana. Meski begitu, ia optimis lantaran akan menjadi wisata terpadu yang paling besar di Kabupaten Brebes wilayah selatan.

"Jika selesai, saya yakin akan menjadi mercusuar wisata di Brebes bagian selatan," katanya.

Pimpinan proyek pembangunan pasar, Hermawan mengatakan, Pasar Pakujati dibangun dengan konsep pasar wisata belanja. Selain area pasar belanja ada lapangan olahraga dan kolam renang yang akan dilengkapi water boom.

"Konsepnya pasar terpadu dengan wisata, akan menjadi destinasi wisata yang unik," katanya.

Diungkapkan, nantinya akan diberi nama Pasar Jati Kusumo, dan kolam renang diberi nama Tirta Kusumo. Kafe dan live musik juga akan menjadi kegiatan rutin di malam harinya.

"Pasar akan memiliki ukuran 40 x 63 meter persegi, lapangan olahraga berukuran 90 x 45 meter persegi dan kolam renang 65 x 60 meter persegi. Dan masih dilengkapi fasilitas lainnya, termasuk resto dengan konsep kapal mengapung di atas air," kata Hermawan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita