Sabtu, 12/09/2020, 19:43:58
Relawan FKAM Bersihkan Masjid Al Anshor Ponpes Khoiru Ummah
Laporan Tim PanturaNews

Para relawan Forum Komunikasi Aktivis Masjid foto bersama usai membersihkan Masjid Al Anshor Ponpes Khoiru Ummah. (Foto: Dok/FKAM)

PanturaNews (Brebes) - Sedikitnya sembilan relawan Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) melaksanakan legiatan bersih-bersih masjid di wilayah Brebes bagian selatan, yakni di Masjid Al Anshor Jalan Kauman, Bentar, Kecamatan Salem, Jumat 11 September 2020 kemarin.

Sebelum pelaksanaan kegiatan membersikan Masjid Al Anshor yang berdiri di tengah komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Khoiru Ummah, seluruh Tim Relawan mengikuti breafing yang dipimpin Ketua SAR FKAM Brebes, Andi guna membagi tugas kerja masing-masing personil.

"Ya betul, sebelum melaksanakan kegiatan tim kita breafing dulu agar dalam pelaksaannya tidak terjadi miskomunikasi," tutur Andi.

Andi menjelaskan, kegiatan bersih-bersih dimulai pukul 07:30 hingga pukul 10:00 WIB atau sebelum Dzuhur tiba, karena bertepatan dengan hari Jum'at, dimana kaum muslimin akan melaksanakan ibadah sholat Jum'at berjama'ah.

seluruh personil, lanjut Andi, bersemangat membersihkan seluruh bagian masjid mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan jendela, menyikat kerak yang ada di kamar mandi, tempat wudhu dan tempat cuci pakaian para santri.

“Setelah di bersihkan, diberi kapur barus atau pengaharum ruangan agar suasana di dalam masjid menjadi harum, sehingga para santri dapat beribadah dan mengaji dengan nyaman,” ujar Andi.

Sementara pimpinan Ponpes Khoiru Ummah, KH. Razif Abdullah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan para relawan FKAM Brebes. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu sehingga Masjid Al-Anshor menjadi bersih.

"Kami atas nama Ponpes sangat berterima kasih dan mendukung adanya program Bersih Masjid. Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini, para santri menjadi lebih semangat dalam beribadah dan mengaji," ucap KH. Razif Abdullah.

(Kiriman: Edy Nurjaya, Penggerak Shafa Community Brebes, Forum Pengusaha Muda Brebes, Pengurus Yayasan Rumah Cinta Brebes, Divisi Media FKAM)


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita