Kamis, 10/09/2020, 16:47:38
Lagi, 12 Warga Bumiayu Positif Terpapar Corona
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu melakukan edukasi pada warga untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol lesehatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Kasus virus corona atau Covid-19 di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus meningkat. Terbaru ada 12 warga yang dinyatatakan positif sesuai hasil uji dahak atau Swab.

Kasus terbaru itu ada di Desa Pruwatan, yang semula satu pasien positif dan setelah dilakukan tracking dengan yang kontak erat dengan uji Swab, hasilnya 11 orang positiv Covid-19 sehingga totalnya 12 orang positif.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi mengatakan, penambahan kasus positif Corona tersebut terjadi pada sepekan terakhir ini.

"Penambahan bermula dari hasil Swab terhadap orang dengan resiko (ODR), kemudian dilakukan tracking dan hasilnya ada 11 positif," katanya kepada awak media, Kamis 10 September 2020.

Belasan pasien positif tersebut semua kategori orang tanpa gejala (OTG). Sehingga para pasien tersebut dilakukan karantina mandiri selama 14 hari.

"Tadi kita langsung memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Intinya kita gotong royong. Dan alhamdulillah, masyarakat memahami," kata Eko yang juga Camat Bumiayu ini.

Meski jumlah pasien positif corona meningkat, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir terhadap pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri. Selama menjaga jarak aman dan tidak bersentuhan langsung maupun berinteraksi jarak dekat dan selalu melakukan tindak pencegahan, risiko tertular akan semakin rendah.

"Makanya kami mengimbau terus gunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir sesering mungkin, juga mandi dan ganti baju setelah beraktivitas di luar. Itu semua untuk pencegahan," kata Eko.

Dikatakan, kemungkinan sembuh bagi pasien yang positif akan tinggi justru dengan dukungan masyarakat sekitar. Karenanya program Jogo Tonggo agar benar-benar dilaksanakan.

"Jika dia didukung penuh masyarakat, ini membuat dia semangat dan imunitasnya tinggi sehingga bisa melawan virus," terang Eko.

Sementara itu, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Bumiayu total mencapai 22 buah. Puluhan kasus tersebut tersebar di beberapa desa, yakni Pruwatan, Adisana, Penggarutan, Jatisawit, Kalierang dan Bumiayu.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita