Minggu, 06/09/2020, 16:11:50
Cukur Masal dan Rebutan Tumpeng, Warnai Sedekah Bumi di Margadana
LAPORAN JOHARI

Cukur Massal

PanturaNews (Tegal) – Bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah.SWT, atas segala keselamatan dan kesejahtraan, warga Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal, menggelar kegiatan Ruwatan Sedekah Bumi, yang dipusatkan di perempatan ‘Jaga Dipa’ selama dua hari Jumat dan Sabtu 04-05 September 2020.

Ketua panitia MT.Supriyadin mengatakan, acara diawali dzikir bersama dan tawasulan dengan tujuan untuk mendoakan para almarhum dan para leluhur yang telah tiada, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng,

“Kegiatan Jumat malam, kita tawasulan mendokan untuk para almarhum luluhur dan sesepuh Margadana, agar mereka diterima di sisi Allah dan di masukan ke surga Nya Allah,” kata MT Supriyadin.

Hari Sabtu, dilanjutkan dengan bakti sosial berupa potong rambut gratis. Potong rambut gratis yang dimulai pukul  08.00 WIB pagi. Ternyata mendapat sambutan masyarakat yang cukup antusias, terbukti meskipun pada pelaksanaan potong rambut gratis melibatkan 25 pemangkas rambut tapi petugas sampai kewalahan karena banyaknya masyarakat yang ingin memotong rambutnya. Dalam potong rambut ini panitia menggandeng Baber Shop ‘Harmonis’” .

Dikatakan, meski dalam kondisi pandemi covid namun tidak mengurangi hikmah dari acara sedekah bumi yang setiap tahun digelar. Ruwatan sedekah bumi menampilkan wayang golek dengan Ki dalang Aryo Damar dari Brebes malam harinya dilanjutkan dengan pengajian akbar.

Camat Margadana H.Cipto Darsono.SH, mengatakan, sedekah bumi ini untuk nguri nguri budaya kita dan ajang silaturahmi warga dan mengucapkan syukur dimana selama ini kita menempati bumi Margadana dengan selamat dan sejahtera, disamping menjaga rasa gotong royong.

” karena mustahil tanpa gotong royong acara ini bisa berjalan.” Tandas Cipto. Dia jaga minta supaya warga Margadana tetap menjaga persatuan dan kesatuan .

Setelah.doa yang dipimpin oleh Sudarto ( Kasie Permas Kel.Margadana) warga langsung berebut tumpeng yang telah disediakan panitia dan nasi tumpeng itu dipercaya akan membawa keberkahan


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita