Kamis, 03/09/2020, 00:26:41
Dari Curhatan Corona, Siswa SMK 2 Tegal Terbitkan Buku Antologi Puisi
LAPORAN JOHARI

Kepsek SMK Negeei 2 Tegal menyerahkan buku antalogi pusi kepada Ibu Wali Kota Tegal

PanturaNews (Tegal) – Di saat libur sekolah karena pandemi covid-19 dan belajar di rumah (daring) tentunya banyak waktu yang kosong. Hal itu dimanfaatkan siswa/siswa SMK Negeri 2  Tegal, dengan meneribitkan buku antologi puisi (kumpulan puisi)  ‘Rindu Pulang’. Buku edisi ke-3 itu, diperkenalkan kepada istri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal, dr Roro Kusnabila dan Dyah Probondari di ruang PKK, Komplek Balai Kota, Rabu 02 September 2020.

Dr Roro Kusnabila mengapreasi dan bangga kepada siswa/siswi  SMK Negeri 2 Tegal, di saat liburan sekolah karena pandemic covid-19, mereka memanfaatkan untuk meneribitkan sebuah  buku  antalogi puisi (kumpulan puisi) edisi ke-3.

“Wah ini sangat luar biasa, dan saya sangat mengapresiasi sekali, karena disaat liburan sekolah mereka malah menerbitkan buku, hebat…hebat,” kata dr Roro Kusnabila, Rabu 02 September 2020.

Menurutnya, di saat sekolah libur karena diharuskan belajar di rumah (daring) diharapkan orang tua turut mendampingi anak untuk belajar, minimal orang tua ikut membaca buku. “Sehingga saat anak belajar, orang tua bisa mengikutinya, “ harapnya..

Kepala SMK Negeri 2 Tegal, Agus Darmono alias Adam mengatakan, buku terbitan ke-2 telah diserahkan ke cabang dinas pendidikan. Untuk edisi ke-3 diserahkan ke ibu wali kota, dengan harapan untuk memicu yang lain dalam program literasi. “Ini loh kita punya karya, dan bisa bertemu dengan bu wali,” kata Adam.

Lebih lanjut menurutnya, dengan karya literasi turut mensukseskan program Presiden Jokowi kaitannya dengan literasi. SMK Negeri 2 telah ikut megembangkan program literasi tersebut. Bahkan sebelum pandemic,  semua siswa diwajibkan membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran. “Wajib baca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, jadi jam 07 kurang 15 menit, harus sudah hadir dan yang ada gurunya wajib membaca buku di luar buku pelajaran,” tegasnya.

Sedangkan buku Antalogi puisi ke-3 ini yang merupakan kumpulan puisi dengan judul  ‘Merindu Pulang’ yang isinya curhatan siswa/siswi  yang selama corona mereka tidak bisa masuk sekolah seperti biasa. “Jadi Merindu Pulang itu rindu dengan sekolah, ” pungkasnya.

Kepala perpustakaan SMK Negeri 2 Tegal, Dr Yusqon mengatakan, meski anak-anak tidak berangkat sekolah namun ada komunitas baca. Mereka sering datang ke perpustakaan untuk baca buku. Kegelisahan dan cuarhatan mereka selama pandemic covid-19, disalurkan dalam bentuk puisi. Lantas dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku, kumpulan puisi-puisi anak-anak, antalogi puisi dengan judul  ‘Merindu Pulang.

“Ini suatu kebanggaan, kumpulan puisi curhatan hati siswa/siswi SMK menjadi sebuah buku karya seni, yanag ada di Arpusda Kota Tegal. Ini luar biasa,” tandas Yusqon.        

  


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita