Senin, 31/08/2020, 13:45:28
Bandel Tak Pakai Masker, Warga Disangsi Push Up
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Forkompinca Bumiayu sosialisasikan Perbup) Nomor 64 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan di Pasar Hewan Bumiayu. Warga yang bandel tidak gunakan masker disangsi push up atau menyanyikan lagu wajib (Foto-Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompinca) Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin 31 Agustus 2020 melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 64 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Sosialisasi menyasar pada pedagang dan pengunjung Pasar Hewan Bumiayu.

"Hari ini kami tim Forkompinca kembali turun ke warga tepatnya ke Pasar Hewan Bumiayu untuk melakukan sosialisasi Perbup Nomor 64 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker," kata Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi.

Pada saat sosialisasi itu, tim tak segan menegur dan memberi sanksi sosial berupa hukuman push up dan menyanyikan lagu wajib kepada warga yang melanggar protokol kesehatan tak memakai masker. Pengunjung pasar yang terlihat masih muda termasuk usia pelajar yang ketahuan tak memakai masker langsung ditegur.

“Tolong jaga jarak, pakai masker. Terutama kalau keluar rumah agar tidak terkena virus Corona, karena sekarang masih pandemi,” ujar Eko saat mengingatkan warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Camat Eko menyatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Saat ini pandemi masih terus terjadi dan sangat dikhawatirkan akan bertambah.

“Kta belum aman, tidak bisa kita ceroboh. Justru kita sekarang harus kerja keras supaya pandemi COVID-19 ini segera berakhir," kata Eko.

Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto yang ikut serta dalam kegiatan sosialisasi itu melalui megaphone juga mengajak warga untuk patuh dengan protokol kesehatan. Kepatuhan warga akan sangat membantu dalam menanggulangi wabah COVID-19.

"Korban sudah banyak, ayo warga patuhi protokol kesehatan selalu pakai masker jangan sampai nanti tertular COVID-19," katanya mengingatkan warga.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto yang juga ikut serta bersama Forkompinca saing itu juga mengingatkan kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker untuk segera menggunakannya. Beberapa warga yang kedapatan tak memakai masker juga sempat dikumpulkan dan diberikan penjelasan manfaat masker untuk mencegah tertular Corona.

"Menggunakan masker membantu mencegah menularkan atau tertular COVID-19. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kalain bersin atau batuk," terangnya.

Dikatakan, kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan juga menjadi salah satu kunci untuk dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Tolong jangan memakai masker saat ada razia saja, tapi harus menjadi kebiasaan sehari-hari demi mencegah COVID-19," ucap Ali.

Pada kesempatan sosialisasi Perbup Nomor 64 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan menyertai pula Tim Penggerak PKK Kecamatan Bumiayu, yang membagi-bagikan masker secara gratis kepada warga.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita