Kamis, 27/08/2020, 19:44:43
Rapat Pleno PDPB KPU Brebes: Pemilih Laki-laki Lebih Banyak
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Rapat pleno terbuka Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten Brebes. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - KPU Kabupaten Brebes menggelar rapat pleno terbuka terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB). Dari rekapitulasi, jumlah pemilih laki-laki ada 767.440 dan perempuan ada 752.680, sehingga total jumlah PDPB ada 1.520.120.

Berdasarkan hasil sandingan DPT Pemilu 2019, dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Brebes, daftar pemilih laki-laki tetap lebih banyak dari perempuan.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan PDPB itu dilakukan berdasarkan perintah dari KPU RI. Di mana PDPB itu berasal dari DPT Pemilu 2019, dimutakhirkan dengan data terbaru dari Disdukcapil. Di mana perubahan data itu berasal dari pindah datang, pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan ubah data.

"Ada kenaikan jumlah DPT ini, karena sebelumnya pengguna KTP atau DPK, yang sudah dimasukkan ke dalam DPT," terang Riza, Kamis 27 Agustus 2020.

Dikatakan, tujuan dari PDPB ini adalah untuk membersihkan DPT, agar lebih bersih dan valid. Sehingga ke depan, saat Pilkada atau Pemilu, DPT semakin valid.

"Kita juga berharap peran serta masyarakat dalam menyikapi daftar pemilih ini, jika ada perubahan data, segera lapor ke KPU," ujarnya.

KPU Kabupaten Brebes berterima kasih kepada Disdukcapil, yang selalu memberikan data kependudukan yang selalu up date. Diharapkan ke depan, data kependudukan bisa lebih up date lagi, sehingga DPT lebih baik lagi.

Rapat pleno PDPB ini diikuti jajaran Forkopimda, pimpinan partai politik dan Bawaslu.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita