Kamis, 27/08/2020, 14:33:02
Siswi SMAN Bumiayu Ikuti Olimpiade Ekonomi Internasional
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pranindiska Nurlistyo Naistana bersama Kepala SMA Negeri 1 Bumiayu, Khumaedi MPd (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pranindiska Nurlistyo Naistana, siswi dari SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menorehkan prestasi yang membanggakan. Siswi asli dari Bumiayu ini menjadi salah satu dari lima peserta yang mewakili Indonesia di ajang International Economic Olimpiad (IEO) atau olimpiade ekonomi internasional yang akan berlangsung pada tanggal 7-13 September 2020 mendatang.

Kepala SMA Negeri Bumiayu, Khumaedi MPd mengatakan, Pranindiska sebelumnya telah banyak mengantongi prestasi sebgai juara di beberapa ajang olimpiade ekonomi di tingkat daerah dan nasional.

"Prestasinya sangat baik, beberapa kali mengikuti ajang olimpiade eokonomi selalu meraih juara," ucapnya, Kamis 27 Agustus 2020.

Berangkat dari prestasi yang diperoleh sejak Kelas X, Pranindiska masuk dan lolos dalam seleksi tingkat nasional di 30 besar. Seleksi berikutnya masuk 15 besar dan akhirnya menjadi lima besar yang mewakili Indonesia di ajang IEO.

"Itu memang berjuang dari awal, mulai beberapa proses seleksi akhirnya menjadi lima besar," kata Khumaedi.

Lima besar itu yakni, dari SMA Negeri Bumiayu, SMA Negeri 8 Jakarta, SMA Sukabumi, SMA Pekanbaru dan SMA Taruna Nusantara Magelang. Prestasi Pranindiska ini menjadi kebanggaan tersendiri, karena menjadi salah satu peserta yang berasal dari daerah dan itu di Bumiayu yang jauh dari pusat kota.

"Ini kebanggan tersendiri, meski dari daerah yang jauh dari kota tapi mampu berprestasi di tingkat nasional," ujar Khumaedi.

Pranindiska sendiri mengaku senang dan makin terpacu untuk lebih berprestasi. Bahkan, saat ini makin giat belajar untuk mempersiapkan diri di ajang IEO tersebut.

"Saat ini saya terus belajar dan berdiskusi dengan peserta lainnya untuk mengasah kemampuan," ungkapnya.

Sejak awal Pranindiska mengaku senang belajar tentang ekonomi, buku-buku atau literasi tentang ekonomi dengan senangnya dilahabnya. Sejak Kelas X buku pelajaran ekonomi yang dibacanya selalu untuk kelas yang lebih tinggi.

"Saya membaca buku ekonomi untuk kelas yang lebih tinggi, bahkan sekarang membaca buku-buku ekonomi yang biasanya untuk modul kuliah di perguruan tinggi," ungkapnya.

Diakui, kegemaran membacanya menjadi salah satu sebab dirinya berprestasi. Orang tuanya juga menyebutnya sebagai kutu buku. Sekali baca buku bisa berjam-jam dan sesekali istirahat, tapi dilanjutkan lagi dengan membaca.

"Sehari-hari ya baca buku, kalau lelah istirahat sebentar terus baca lagi," ujar Pranindiska.

Rajin membaca buku ini memberikan manfaat yang banyak. Segala informasi dan ilmu pengetahuan dapat dibaca melalui media buku maupun media internet yang sekarang ini sangat mudah.

Selain membaca buku, Pranindiska juga hobi bahkan getol berdiskusi tentang ekonomi. Sayangnya, saat ini lagi pandemi Covid-19 sehingga diskusi tidak bisa dilakukan dengan tatap muka, tetapi secara daring.

"Kita berlima satu tim rutin melakukan diskusi tetapi secara daring, meski rasanya kurang seru karena tidak bisa berhadapan secara langsung," tuturnya.

Pranindiska yang lahir 11 Juli 2002 ini merupakan anak kedua dari pasangan suami isteri H Nur Muttaqin dan Hj Nurjanah. Kedua orang tuanya ini menjadi pendidik di SMA Negeri Bumiayu. Pranindiska mulai tahun ajaran ini resmi diterima di perguruan tinggi bergengsi di tanah air, Universitas Indonesia (UI) tanpa seleksi atau melalui jalur prestasi.

Informasinya, ajang IEO tahun 2020 ini semula akan berlangsung di luar negeri, namun saat ini dunia masih menghadapi pandemi Covid-19 sehingga kemungkinan akan dilaksanakan secara daring.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita