Minggu, 02/08/2020, 17:20:03
PGSI Brebes Salurkan Bansos Untuk Atlet Gulat Terdampak Covid-19
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

KONI Kabupaten Brebes menyerahkan bantuan sosial untuk puluhan atlet gulat berprestasi (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melalui cabang olahraga Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) setempat menyerahkan bantuan sosial (bansos) untuk puluhan atlet gulat berprestasi di daerahnya.

Bansos tersebut diberikan juga untuk pelatih atlet gulat berprestasi yang terdampak pendemi virus corona (Covid-19), Minggu 2 Agustus 2020.

Penyerahan bansos digelar di rumah mantan pengurus PGSI yang juga pegulat senior asal Brebes, Dasirun, di Desa Wanasari, Kecamatan Wanasari, Brebes. Pemberian bansos berupa dana tali asih itu juga disaksikan perwakilan KONI Brebes.

Ketua Harian Pengcab PGSI Brebes, Edi Suwarko mengatakan, para atlet Gulat di Brebes juga menjadi salah satu kelompok yang ikut terdampak pendemi Covid-19. Seluruh kegiatan mereka, baik latihan dan pertandingan terhenti. Mereka juga ikut terdampak secara ekonomi dengan mewabahnya virus corona.

"Selama terjadi Covid-19, semua kejuaraan gulat dan kegiatan latihan bersama berhenti. Mereka selama ini hanya melakukan latihan mandiri di rumah, untuk menjaga kondisi fisik. Kondisi ini yang melatarbelakangi kami memberikan bantuan sosial ini, karena atlet kami ikut terdampak adanya Covid-19," ungkapnya.

Menurut dia, ada sebanyak 25 atlet dan 6 orang pelatih yang menerima bansos Covid-19. Mereka merupakan para atlet berprestasi, yang telah menyumbangkan medali dalam kejuaraan di berbagai tingkatan, selama 2 tahun terakhir. Yakni, atlet berprestasi tingkat nasional, provinsi dan daerah.

Untuk atlet berprestasi nasional mendapatkan bantuan Rp 300.000 per bulan. Kalau atlet tingkat provinsi me dapatkan Rp 200.000 per bulan dan atlet daerah Rp 100.000 per bulan.

"Jadi, kami ada klasifikasinya untuk memberikan bantuan ini, sesuai prestasinya. Bantuan ini kami berikan selama 6 bulan.Kalau khusus pelatih besarannya Rp 1,5 juta selama 6 bulan," jelasnya.

Selain mendapat bantuan tunai, lanjut dia, atlet dan pelatih gulat tersebut juga mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Berupa, masker, handsanitizer, sabun cuci tangga dan vitamin.

"Totalnya ada 20 paket bantuan APD dari Kemenpora ini, dan telah kami bagikan. Kami harapkan bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin, baik untuk kebutuhan hidup atau untuk melengkapi peralatan gulat, seperti sepatu atau lainnya." ujarnya.

Ketua KONI Brebes, Ahmad Zaeni melalui Ketua Bidang Organisasi Ganis Faruqi Abkar mengatakan, terobosan Pengcab PGSI Brebes yang memberikan bantuan terdampak Covid-19 kepada para atlet dan pelatihnya merupakan langkah yang luar biasa. KONI Brebes memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut.

Selain sebagai bentuk perhatian dari wadah organisasi kepada para atletnya, pemberian bantuan Covid-19 itu dapat memacu semangat atlet untuk meningkatkan terus prestasinya. Sebab, tali asih tersebut diberikan bagi atlet yamg berprestasi.

"Ini langkah yang luar biasa dari Pengcab PGSI Brebes, dan kami berharap ini juga dapat dicontoh bagi pengcab olahraga lain dalam menyikapi pendemi Covid-19," pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita