Rabu, 29/07/2020, 15:36:45
Berkah Idul Adha Bagi Peternak Sapi Limosin
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pekerja di peternakan menunjukkan salah satu sapi ras limosin yang bongsor (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Memiliki sapi dengan ukuran dan bobot ekstrem menjadi berkah tersendiri bagi peternak jelang momen hari raya Idul Adha. Pasalnya, momentum perayaan Idul Adha ini menjadi kesempatan emas bagi peternak dalam meraup keuntungan setelah sekian lama merawat dan memelihara sapi kurban.

Peluang emas jelang Idul Adha, juga ditangkap dengan baik oleh Irma Hamdani, peternak sapi di desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Irma mengaku memiliki lima ekor sapi jenis limosin dengan bobot per ekor bisa mencapai satu ton. Sapi jumbo miliknya yang saat ini berusia tiga tahunan tersebut sudah terjual empat ekor dengan seharga Rp 45 juta per ekornya.

"Ada lima ekor sapi limosin sudah terjual empat ekor dan tinggal satu ekor lagi dengan bobot sekitar 800 kilogram," katanya, Rabu 29 Juli 2020.

Sapi ras limosin tersebut merupakan hasil penggemukan di peternakannya selama beberapa bulan. Mulanya diperoleh dari membeli anakan dan dalam jangka waktu beberapa bulan dipelihara hingga dapat tumbuh besar.

Untuk satu ekor anakan, Irma mengaku harus mengeluarkan uang cukup besar membelinya. Namun hal tersebut sebanding dengan potensi harga jualnya yang tinggi.

"Termasuk sapi impor terbaik yang jadi incaran. Untung yang diperoleh juga bisa mencapai jutaan rupiah," ungkapnya.

Irma yang sudah sekitar tujuh tahun menggeluti usaha peternakan sapi ini mengaku untuk memelihara sapi jenis limosin dan juga simental tidaklah sulit. Hanya saja ransum pakannya lebih banyak, biaya perawatan lebih besar dibanding sapi kurban pada jenis lokal.

"Biaya pakan dua kali lipat dari sapi lokal. Belum untuk vitamin dan obat-obatannya," terang Irma yang pada tahun 2019 ini terpilih menjadi Kepala Desa Kalierang.

Dalam proses pemeliharan dan penggemukan sapi jenis limosin yang beratnya bisa mencapai satu ton ini, menurut Irma tidak terlalu sulit.

Peternakan milik Irma juga menyediakan lima ekor sapi simental. ras sapi impor tersebut juga memiliki pakan khusus. Kata dia, proses pemeliharan dan penggemukan sapi jenis limosin yang beratnya bisa mencapai satu ton dan juga simental, tidak terlalu sulit. Cukup diberi pakan jerami dan pakan fermentasi.

Pakan fermentasi merupakan campuran jerami, kemudian difermentasi dengan cairan bercampur gula dan ditambah bekatul, serta ditambah bahan buatan lainnya.

"Tambahkan konsentrat sebagai proses penggemukkan sapi," pungkas Irma.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita