Senin, 27/07/2020, 15:44:10
Kader Posyandu Dimotivasi untuk Tekan AKB/AKI
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kader Posyandu di Kecamatan Bumiayu mengikuti kegiatan refreshing di Aula Puskesmas Bumiayu (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Kader Pos Pelayanan Terpadau (Posyandu) di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Jwa Tengah, terus didorong untuk berinovasi dan meningkatkan perannya di masyarakat dalam upaya menekan Angka Kelatian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto mengatakan, jumlah AKB/AKI di Kabupaten Brebes masih tertinggi di Jawa Tengah, sehingga keberadaan Kader Posyandu perlu terus didorang dan tingkatkan perannya.

"Kader Posyandu berperan besar untuk menekan tinggi AKB/AKI, karena berada di tengah-tengah masyarakat," ujarnya saat memberikan arahan pada kegiatan Refreshing Kader Posyandu di Puskesmas Bumiayu, Senin 27 Juli 2020.

Menurutnya, banyak faktor resiko yang menjadi penyebab kematian ibu saat melahirkan. Namun untuk upaya menekan resiko itu lebih fokus pada deteksi preklamsi, perdarahan, penyakit jantung, penyakit paru paru dan darah tinggi sehingga bisa di antisipasi sedini mungkin.

"Faktor resiko yang menjadi penyebab kematian ibu bersalin, tetapi kita fokus deteksi preklamsi, perdarahan, penyakit jantung, penyakit paru paru dan darah tinggi sehingga bisa di antisipasi sedini mungkin," terang Ali.

Dikatakan, Brebes merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat kematian ibu bersalin yang masih tinggi, sehingga harus memiliki komitmen dan kerja keras dari semua lapisan masyarakat baik pemerintahan khususnya Dinas Kesehatan. dan tentunya paling bawah adalah para Kader Posyandu.

"Perlu komitmen dan kerja keras semua pihak untuk dapat menekan angka kematian ibu saat melahirkan," ujar Ali.

Diungkapkan, pada tahun 2019 mengusulkan kepada Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan, agar RSUD Bumiayu mendapatkan sarana prasarana dan bimbingan untuk menjadi rujukan kasus-kasus Obstetri Ginokologi. Dir Kesga Kemenkes hadir secara pribadi meninjau RSUD Bumiayu saat usulan itu disampaikan.

"Tapi sampai saat ini belum tahu bagaimana perkembangannya," ungkap Ali yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Bumiayu ini.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita