Kamis, 23/07/2020, 16:19:49
Tatanan Normal Baru, Warga Boleh Gelar Hajatan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sosialisasi Pedoman Tatanan Normal Baru Aman Corona di Aula Kecamatan Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Masyarakat yang bermaksud menggelar hajatan sudah diperbolehkan dengan syarat menerapkan protokol kesehatan, hal ini terungkap saat digelar Sosialisasi Pedoman Tatanan Normal Baru Aman Corona di Aula Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis 23 Juli 2020.

Selain hajatan, kegiatan keagamaan seperti peribadatan dan pengajian juga diperkenankan dalam skala tertentu dan tetap harus memberlakukan protokol kesehatan. Sementara untuk pendidikan masih menunggu evaluasi terlebih dahulu.

Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi mengatakan, sesuai yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 54 tahun 2020 tentang Tatanan Normal Baru, bahwa untuk pendidikan masih menunggu hasil evaluasi sampai dengan awal Agustus. Sementara untuk kegiatan peribadatan seperti pengajian dalam skala kecil dapat berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kegiatan peribadtan seperti pengajian jamiyahan silahkan berjalan dengan skala kecil dan dengan SOP kesehatan," katanya.

Kegiatan hajatan juga diperbolehkan dengan penerapan protokol kesehatan. Yakni semua harus memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Untuk penerapan jaga jarak jam tamu undangan dapat diatur secara bergantian sehingga tidak terjadi kerumunan orang.

"Untuk pelaksanaan hajatan ini harus ada ijin yang dikeluarkan oleh Polsek yang dalam ijin tersebut penyelenggara harus menandatangani kesediaan menerapkan protokol kesehatan tersebut," ujar Eko.

Penerapan tatanan normal baru aman corona akan melibatkan Babinkamtibmas, Babinsa dan satgas penanggulangan COvid-19 di tingkat desa yang bersifat monitoring. Aturan tersebut juga berlaku bagi desa yang zona hijau atau sudah tidak ada lagi warga yang positif Covid-19.

"Penerpannya nanti ada pengawasan baik dari Babinkamtibmas dan Babinsa juga melibatkan Satgas Covid-19 yang ada di desa," kata Eko.

Ditambahkan, intinya setiap kegiatan masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan, semua harus memakai masker, melakukan cuci tangan dan jaga jarak. Kegiatan hajatan dapat dibubarkan jika tidak ada ijin atau menyalahi aturan yang telah ditetapkan.

"Polsek berhak untuk membubarkan jika tidak ada ijin atau menyalahi aturan yang ditetapkan," tandas Eko.

Kegiatan Sosialisasi Pedoman Tatanan Normal Baru Aman Corona di Aula Kecamatan Bumiayu dihadiri para Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, juga pejabat Forkompinca Bumiayu.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita