Rabu, 22/07/2020, 15:05:44
FPMB Resmi Didaftarkan di Kesbangpol Brebes
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tim survey Kesbangpol Brebes dan pengurus FPMB saat pengecekan di Sekretariat FPMB (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Forum Peduli Masyarakat Bumiayu (FPMB), sebuah lembaga yang dibentuk warga di sekitar Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, resmi didaftarkan di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Brebes.

Petugas dari Kesbangpol Brebes, pada Rabu 22 Juli 2020 melakukan survey lokasi dan pengecekan ke sekretariat serta menemui pengurus FPMB yang bermarkas di Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu.

Staf bagian Politik dan Hubungan antar Lembaga (Polhal) Kesbangpol Brebes, Sutartinah yang memimpin pengecekan ke sekretariat FPMB mengatakan, pengurus FPMB telah mengajukan pendaftaran ke Kesbangpol Brebes dengan melampirkan beberapa persyaratan administrasi. Adanya pengajuan tersebut, Kesbangpol melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

"Kami melakukan pengecekan untuk memastikan keberadaan FPMB di Bumiayu ini," ujarnya di sela-sela kegiatan pengecekan.

Menurutnya, FPMB sudah layak sebagai lembaga atau organisasi yang didaftarkan di Kesbangpol. Hasil pengecekan telah membuktikan keberadaannya dan juga telah banyak berkontiribusi bagi masyarakat.

"Ini sudah sangat layak dan memenuhi syarat meski ada beberapa kelengkapan administrasi yang perlu dilengkapi lagi," kata Sutartinah.

Dikatakan, FPMB termasuk organisasi yang legal karena telah didaftarkan di Kesbangpol dan diharapkan dapat terus berjalan dengan banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan.

"Harapannya karena ini lembaga legal dapat terus memberikan kontribusii untuk pembangunan," kata Sutartinah.

Ketua FPMB, H Muhtarom mengatakan, FPMB mulai berdiri dan dirintis sejak 2019 dan didaftarkan secara resmi ke Kemenkuham melalui notaris pada 2020 ini.

"Sudah satu tahun, awalnya berdiri pada bulan Juni 2019 dan didaftarkan tahun 2020 ini," ujarnya.

Menurutnya, FPMB merukan lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial dengan motto no politik, no profit. Aktivitas FPMB ditujukan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana dan meningkatkan sumber daya manusia.

"Sudah beberapa kali kami melakukan aksi membantu warga yang terkena bencana, seperti kebakaran dan juga bencana alam, juga membantu menyalurkan bantuan air bersih saat terjadi kekeringan," ungkap Muhtarom.

Selain bergerak membantu masyarakat, FPMB juga melakukan upaya membantu warga untuk meningkatkan keahlian bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK). Melalui kerja sama itu warga dapat mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan seperti mengelas dan lainnya.

"FPMB juga membantu warga memberikan pelatihan keahlian dalam upaya menyambut Kawasan Industri Brebes (KIB), sehingga nantinya warga Brebes dapat menikmati adanya KIB itu, bukan sekedar menonton," terang Muhtarom.

Diungkapkan, FPMB bergerak dilandasi semangat swadaya dan gotong royong, sehingga dalam menggali dana seringkali para pengurus iuran. Prinsip no politik dan no profit benar-benar dijaga dan dilaksanakan, sehingga benar-benar untuk memberi manfaat bagi masyarakat secara luas.

Kedatangan tim Kesbangpol Brebes dalam rangka pengecekan FPMB nampak diterima langsung oleh Ketuanya, H Mutaron disertai wakilnya Suparnyo MPd, dan beberapa jajaran pengurus lainnya, di antaranya Sabar MPd, Agus Efendi, Sentot, Sutarmo dan lainnya. Menyaksikan pula proses pengecekan tersebut Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita