Senin, 20/07/2020, 22:50:40
AIPTU Dwiyanto, Pelatih Anjing Pelacak Terbaik se Indonesia
LAPORAN JOHARI

AIPTU Dwiyanto bersama Bringo (Anjing Pelacak)

PanturaNews (Tegal) – AIPTU Dwiyanto,Kanit Satwa (K9) Polres Tegal Kota, mendapat penghargaan dari Baharkam Mabes Polri, sebagai pelatih  satwa (pawang anjing) pelacak terbaik se Indonesia. Penghargaan diberikan langsung oleh  Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Mabes Polri Brigjen Pol. Drs Hariyanto SH MHum didampingi Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, di halaman Mapolres, Senin 20 Juli 2020.

Selain memberikan penghargaan kepada AIPTU Dwiyanto, Baharkam Mabes Polri juga memberikan satu ekor lagi anjing jenis german sheperd atau biasa dikenal herder yang diberi nama Bringo. Bringo akan bergabung dengan 5 anjing lainnya dalam Squad K9 Polres Tegal Kota, untuk membantu tugas penyelidikan dan keamanan.

Sebelum diserahkan ke AIPTU Dwiyanto, Bringo sempat dipamerkan di hadapan jajaran anggota kepolisian usai apel pagi. Perawakan yang gagah dengan bulu berwarna hitam dan kekuningan itu berhasil tampil memukau saat mengendus dan menyerang “penjahat” yang bersembunyi.

Brigjen Pol. Hariyanto mengemukakan, Bringo berumur 3 tahun namun memiliki kemampuan lacak umum dan pengendalian massa. “Bringo lahir di Belanda, mempunyai surat keterangan lahir dan surat keterangan sehat, layaknya manusia,” kata Brigjen Hariyanto.

Hariyanto mengemukakan, penyerahan K9 ke Polres Tegal Kota adalah yang satu-satunya di tahun 2020. Brigjen Hariyanto percaya Bringo di bawah asuhan pawang K9, Aiptu Dwiyanto akan tumbuh menjadi anjing yang bisa bekerja maksimal dalam membantu tugas kepolisian.

Apalagi Dwi, yang sudah 17 tahun sebagai pawang K9 dikenal memiliki inovasi dan keahlian khusus sebagai pawang. “AIPTU Dwiyanto, pelatih anjing terbaik se Indonesia, ia memiliki dedikasi tinggi dan punya inovasi. Dia bisa merawat, memelihara dan mengoperasionalkan. Karena pawang harus mempunyai tiga itu. Atas dedikasinya, Dwiyanto yang semestinya bulan agustus pensiun namun diperpanjang satu tahun lagi. Perpanjangan pensiun 2 tahun, namun satu tahun-satu tahun,” tegasnya

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baharkam Polri atas kepercayaannya kepada AIPTU Dwiyanto Kanit K-9 Polres Tegal Kota.  

Rita berharap dengan pemberian satwa itu dapat meningkatkan pengamananan di wilayah Polres Tegal Kota. “Saya berharap kepada semua anggota, apapun pekerjaan bisa berprestasi,” kata AKBP Rita Wuandari.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita