Senin, 20/07/2020, 15:32:58
Warga Terdampak Covid-19 Sirampog Terima Bansos Provinsi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Petugas Pos mencocokkan data penerima BSNT sebelum diserahkan bantuan paket sembako. Warga menerima bantuan paket sembako (Foto-Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 406 kepala keluarga (KK) tidak mampu terdampak Covid-19 di empat desa di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menerima Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) dari Provinsi, Senin 20 Juli 2020.

Bantuan senilai Rp 200 ribu tersebut diterima warga dalam bentuk paket sembako itu diserahkan di Balai Desa masing-masing. Yakni, Desa Kaliloka 116 paket, Desa Manggis 81 paket, Desa Plompong 106 paket dan Desa Wanareja 103 paket.

Kepala Desa Kaliloka, Nanang Khakim SH mengatakan, BSNT yang diterima warga desanya sebanyak 116 paket. Bantuan tersebut berasal dari Provinsi Jawa Tengah, yang disalurkan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Bansos dari Provinsi yang disalurkan melalui Pos yang bekerja sama dengan Bumdes Kaliloka, Graha Cipta Usaha untuk pengadaan sembakonya," ujarnya.

Penyaluran BSNT dilakukan oleh petugas dari PT Pos Indonesia yang dilengkapi aplikasi Pos Courier untuk memastikan kiriman diterima sesuai alamat yang terdaftar.

Petugas juga memotret wajah, NIK KTP, KK penerima bansos. Penerima juga diwajibkan membubuhkan tanda tangan. Data itu kemudian dikirimkan ke server di Pos Indonesia.

Penggunaan aplikasi dalam penyaluran bansos ini untuk memastikan ketepatan pengiriman kepada penerima serta percepatan pelaporan data penerima.

Sperti sebelunbya penyaluran BSNT dilakukan secara maraton, dimulai dari Desa Kaliloka sekira pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Dilanjutkan ke Desa Manggis, kemudian Desa Plompong serta terakjir Desa Wanareja.

Kepala Desa Desa Manggis, Masruri SAg mengatakan, warga sangat terbantu adanya penyaluran BSNT. Bantuan tersebut meringankan beban ekonomi warga yang kindisinya sulit akibat wabah Covid-19.

"Wabah Covid-19 juga berdampak bagi warga Dawuhan yang umumnya petani. Adanya bantuan akan meringankan beban terutama untuk kebutuhan pangan," katanya.

BSNT di Kecamatan Sirampog disalurkan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Sirampog secara marathon sejak Sabtu 18 Juli 2020.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita