Sabtu, 18/07/2020, 12:53:03
Cibentang Gandeng LPK untuk Tingkatkan Kapasitas Warga
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Peserta pelatihan kapasitas warga Desa Cibentang berfoto bersama usai kegiatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Desa Cibnetang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat. Kegiatan yang didanai dengan anggara Dana Desa (DD) ini diikuti 12 peserta.

Kepala Desa Cibentang Yatno mengatakan, selama lima hari dari hari Senin 13 Juli 2020 hingga Jum'at 17 Juli 2020 diadakan menggunakan anggaran biaya DD dan bekerja sama dengan LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu.

"Pelaksanaannya kami bekerja sama dengan LPK dari Bumiayu," katanya, Sabtu 18 Juli 2020.

Menurutnya, kegiatan digelar dengan harapan para peserta menggunakan ilmu yang didapat selama pelatihan. Yaitu dapat mengelola limbah yang ada di desa, yang selama ini terbuang begitu saja. Stelah mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat selama lima hari peserta jadi mengerti manfaat limbahnya kertas atau plastik.

"Limbah-limbah itu nantinya bisa dijadikan berbahagia kreasi kerajinan untuk dikomersilkan dan menghasilkan," ujar Yatno.

Diungkapkan, Desa Cibentang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang nantinya dapat dapat mengelola hasil industri rumahan warga dan usaha sampingan lainnya seperti kue-kue, keripik.

"Nantinya Bundes bisa menjual kepada warga, sehingga nantinya ada penghasilan tambahan, diharapkan ada nilai tambah masukan keuangan warga," kata Yatno.

Sementara itu ketua LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu, Zaenal Arifin SAg, MSi mengatakan, keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan hendaknya dilaksanakan sesuai untuk kegiatan sehari-hari. Dengan begitu akan bermanfaat dan bisa berkembang serta mendapatkan hasil.

"Hasil pelatihan ini akan menumbuhkan ekonomi pedesaan, seperti ketrampilan pembuatan hantaran atau lamaran, anyaman bambu, termasuk pemanfaatan limbah plastik dan kertas bisa dijadikan berbagai kreasi, dan ilmu yang sudah diajarkan dalam pelatihan selama lima hari dimanfaat dan di diamalkan," terangnya.

Diungkapkan, LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu memiliki tutor berpengalaman, seperti Kusmiati dan Setyowati yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Sehingga tidak diragukan lagi kemampuan melatih keterampilan berbagai kreasi pemanfaatan bahan baku baik yang ada di desa atau limbah keluarga yang dianggap tidak berguna bisa dimanfaatkan.

"Kami memiliki tenaga pelatih yang cukup berpengalaman dan juga bersertifikasi," pungkas Zaenal.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita