Selasa, 14/07/2020, 15:53:08
Banyak Pasien Covid-19 Tidak Bergejala, Masker Harus Jadi Aturan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dr Sartono mengajak masyarakat lebih disiplin dalam menggunakan masker. Pasalnya, sebagian besar orang dengan virus corona tidak bergejala termasuk yang terjadi di Kabupaten Brebes, tetapi dapat menularkan kepada orang lain.

"Selain penerapan protokol kesehatan lainnya, penggunaan masker ini sangat efektif untuk mencegah tertular Covid-19," katanya kepada awak media, Selasa 15 Juli 2020.

Menurutnya, untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penggunaan masker diperlukan aturan yang tegas dan bersifat nasional. Selama ini aturan penggunaan masker masih sebatas peraturan bupati (Perbup) atau peraturan daerah (Perda) di masing-masing daerah.

"Aturan memakai masker akan lebih efektif jika aturannya sama seperti memakai helm saat berkendaraan," ujar Sartono.

Dikatakan, memakai masker bisa menjadi standar dalam beraktivitas di saat pandemi Covid-19 jika sudah menjadi peraturan nasional. Masker dapat mencegah menularkan Covid-19 dari yang telah terpapar kepada orang lain, dan juga mencegah tertular Covid-19 dari yang sudah terpapar.

"Virus corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan normal dengan orang terpapar," katanya.

Disebutkan, sebagian besar orang dengan virus corona tidak memiliki gejala (asimptomatik) termasuk yang terjadi di Kabupaten Brebes. Tetapi mereka yang pada akhirnya bisa mengembangkan gejala (pragejala) dapat menularkan virus kepada orang lain sebelum menunjukkan gelaja.

"Jadi penggunaan masker ini harus digalakkan dan benar-benar disiplin agar penyebaran Covid-19 dapat diputus," tegas Sartono.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita