Senin, 13/07/2020, 00:29:17
Sukses Sekolah Terminal, Kini Dr Yusqon Kembangkan Sekolah Laut
LAPORAN JOHARI

Pegiat Literasi, Usai Parade Baca Puisi di Pulo Kodok

PanturaNews (Tegal) – Jiwa pendidikan yang tertanam pada Dr Yusqon tak pernah padam dan terus berkembang. Setelah sukses mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti di terminal bus Tegal, yang siswanya pedagang asongan dan pengemis terminal bus Tegal. Kini mendirikan lagi Sekolah Laut di obyek wisata Pulo Kodok, Kelurahan Panggunga, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, dengan sasaran anak-anak pesisir pantai yang putus sekolah.

Hal itu disampai Dr Yusqon saat gelar Parade Pembacaan Puisi dan Buku karya Kang Maman Suherman di Kampung KB Melati Sekolah Laut Sakila Kerti di Pulo Kodok Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur, Minggu 12 Juli 2020.

Puisi-puisi karya Kang Maman, dibaca secara bergantian oleh puluhan pegiat literasi dan seniman dintaranya, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi beserta isti Dyah Probondari, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tegal Edy Suripno beserta istri Ratna H. Edy Suripno, Anggota DPRD Kota Tegal Hj. Ely Farisati, AKBP Rita Wulandari, Atmo Tan Sidik, Yono Daryono, Apas Khafasi serta seniman lainya.

M Jumadi mengatakan, apresiasi terhadap keberadaan Sekolah Laut. Karena Tegal Kota Bahari jadi kita fokus untuk mencoba membangun sekolah laut sekolah informal untuk kalangan marjinal yang belum teredukasi dengan baik.

 “Sakila Kerti yang sudah berhasil di terminal, kini mencoba sekolah laut disini, kedepan kita akan membidik Kota Tegal sebagai Kota Literasi di Indonesia," ujar Jumadi.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tegal, Edy Suripno sangat mendukung adanya sekolah laut di Kota Tegal. Dan rencana ini akan dibawa ke lembaga DPRD untuk dibahas.

"Saya melihat pak Dr Yusqon sangat konsen dalam dunia pendidikan, bahkan telah melambungkan nama Kota Tegal di kancah nasional berkat TBM Sakila Kerti di terminal. Untuk itu, Komisi III DPRD Kota Tegal sangat mendukung untuk didirikannya sekolah laut di Kota Tegal. Ini tantangan bagi kita semua untuk memberikan perhatian dalam kewajiban pemerintah terhadap masyarakat pesisir," ujar Edy Suripno.

Edy Suripno berpendapat bahwa saat ini pesisisir telah memberikan sumbangsih besar bagi daerah, baik segi wisata  maupun sisi pemanfaatan perekonomiannya.

"Dengan adanya sekolah laut ini akan memberikan edukasi kepada masyakat terkait pendidikan dan menjaga lingkungan dan banyak apek yang dapat kita trasformasi dalam sekolah laut," tandasnya.

DR Yusqon selaku Ketua TBM Sakila Kerti secara langsung membacakan sambutan dari Sastrawan Nasional Maman Suherman, yang mengatakan sungguh beruntunglah orang yang mau iqra, apalagi sampai menyebarkan iqra dan mengajak orang-orang untuk iqra, dan jadi cerdas karenanya.

"Sungguh berbahagia orang-orang yang mengajak sesamanya untuk menggunakan akalnya, untuk mau menelaah, untuk mau berpikir. Begitulah yang kulihat saat menyaksikan Sakila Kerti. Menebar kata-kata, menyusun kata-kata, mengajak orang-orang, tua dan muda untuk mengikuti perintahNya, menayukuri karunia Ilahi pelajaran, yang pada akhirnya bermuara pada mensyukuri anugerah terbesarNya pada manusia, yakni akal pikiran," paparnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita