Kamis, 09/07/2020, 16:06:06
Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Brebes Bertambah Lagi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ilusterasi

PanturaNews (Brebes) - Pasien terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah bertambah lagi. Sebelumnya dari Kecamatan Bumiayu dalam waktu sepekan bertambah empat pasien. Kini atau dua hari setelahnya ada dua pasien Covid-19 baru lagi dari Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan.

Informasi yang diperoleh pada Kamis 09 Juli 2020 menyebutkan, kedua pasien tersebut diketahui terkonfirmasi positif setelah secara mandiri melakukan rapid test di RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas yang hasilnya reaktif. Selanjutnya dilakukan tes sampel dahak atau Swab dan hasilnya positif terpapar Covid-19. Kedua pasien berjenis kelamin lelaki itu kini menjalani karantina di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

Kepala Desa Wanatirta, Lukman Hakim ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menghubungi Kabid Pelayanan RSUD Ajibarang dan membenarkan ada dua warga Wanatirta yang positif Covid-19 dan sementara menjalani isolasi.

"Ya semalam setalah mendapat informasi, langsung saya tanyaka ke Kabid Pelayanan dan benar dua warga kami dinyatakan positif Covid-19," katanya.

Menurutnya, kedua pasien secara mandiri melakukan rapid test karena bermaksud untuk pergi bekerja di luar pulau. Keduanya memilih melakukan pemeriksaan kesehatan dan rapid test di RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas, karena pertimbangan biaya yang lebih murah dibanding di wilayah Kabupaten Brebes.

"Keduanya rencana akan pergi ke luar daerah dan melakukan rapid test mandiri di RSUD Ajibarang yang biayanya lebih murah," kata Lukman.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Paguyangan, Edi Mulyani SIP mengakui ada dua warganya terkonfirmasi positif Covid-19 dan kini menjalani isolasi di RSUD Ajibarang.

"Kepala Desanya sudah konfirmasi ke RSUD Ajibarang tentang dua warga yang positif Covid-19 dan kini di isolasi," kata Edi yang juga Camat Paguyangan ini.

Selanjutnya, katanya lagi, saat ini tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 bersama tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes melakukan tracing terhadap orang-orang melakukan kontak erat dengan pasien dan dilakukan rapid test.

"Saat ini dilakukan tracing pada orang-orang yang kontak erat dan dilakukan rapid test," ujar Edi.

Menurut Edi, adanya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 diingatkan kepada seluruh warga untuk lebih hati dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Pemakaian masker merupakan keharusan, sering melakukan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitzer dan juga jmelakukan jaga jarak.

"Ternyata Covid-19 ini benar masih ada dan dapat menular pada siapa saja, maka semua warga agar lebih hati-hati dan patuh pada protokol kesehatan," tandas Edi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penambahan pasien positif Covid-19 dari Kecamatan Paguyangan dan sebelumnya empat pasien dari Kecamatan Bumiayu.

"Ya benar ada penambahan, dan selanjutnya dilakukan tracing terhadap orang-orang yang diduga kontak erat dengan pasien," katanya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita