Kamis, 09/07/2020, 15:49:56
Dipandang Sebelah Mata, KPU Serahkan Arsip Pemilu 2014
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Penyerahan arsip Pemilu 2014 oleh KPU Brebes kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan di Depo Arsip Brebes (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Keberadaan arsip hingga saat ini masih dipandang sebelah mata, termasuk oleh penyelenggara negara. Padahal arsip menjadi salah satu pendukung kemajuan sebuah negara dan daerah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Rofiq Qoidul Azam SH saat menerima KPU Kabupaten Brebes, Kamis 9 Juli 2020, di Depo Arsip.

Menurutnya, arsip merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi. Arsip juga merupakan bagian penting dari literasi, yang merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

“Namun program arsip dan literasi ini masih dipandang sebelah mata, bahkan mungkin tidak dipandang sama sekali,” katanya.

Pihaknya kini juga sudah menyusun agenda untuk pembangunan perpustakaan dan gedung arsip yang lebih representaif. Program tersebut sudah mendapat dukungan dari Bupati dan DPRD Kabupaten Brebes.

Diharapkan dinas dan instansi lainnya mulai memilah arsip dengan baik dan benar, mana yang masih aktif, mana yang sudah habis retensinya.

“Sehingga nantinya, arsip dan program literasi ini bisa lebih baik dan tidak dipandang sebelah mata,” tambahnya.

Pihaknya mengapresiasi KPU Kabupaten Brebes, yang menyerahkan arsip yang retensinya sudah habis ke dinasnya. Hal itu menunjukkan bahwa KPU peduli akan pentingnya arsip.

“Apalagi KPU yang menyelenggarakan Pemilu, wajib untuk menyimpan arsip dengan baik,” tegasnya.

Penyerahan arsip itu secara simbolis diserahkan Ketua didampingi Sekretaris KPU Drs Bambang Yusmanto MSi, serta seluruh komisioner kepada Kepala Dinas di Depo Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, M Riza Pahlevi menyampaikan bahwa KPU mempunyai kewajiban untuk mengelola arsip, seperti yang diatur dalam PKPU Nomor 11 tahun 2014 tentang Pengelolaan Arsip Dinamis KPU, dan PKPU Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif Nonkepegawaian dan Nonkeuangan KPU.

“Hari ini KPU menyerahkana arsip Pemilu 2014 yang masa retensinya sudah habis. Karena ini arsip permanen, seperti diatur PKPU, kita serahkan ke Dinas Arsip Kabupaten,” katanya.

Sementara arsip-arsip yang masih aktif, lanjut Reza, masih disimpat di ruang arsip KPU Kabupaten Brebes. Di mana arsip-arsip tersebut, selain berbentuk material, juga tersedia dalam bentuk soft file.

“Dalam tata kelola arsip ini, kita kerja sama dengan Dinas Arsip, untuk mengelola dan memilah jenis-jenis arsip yang dimaksud oleh PKPU tersebut,” tambahnya.

Pihaknya sebelumnya juga sudah melakukan klarifikasi dengan Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah, terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dipasang di website KPU, yang merupakan dokumen publik, yang bisa diakses kapan saja dan oleh siapa saja.

“Bagi masyarakat yang ingin melihat atau mencari data Pemilu di Kabupaten Brebes, bisa melihat langsung di website KPU Kabupaten Brebes, atau bisa juga langsung datang ke kantor,” jelasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita