Selasa, 07/07/2020, 18:17:40
Muslimat NU Bumiayu Dukung Perlindungan Terhadap ODR
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ketua Muslimat NU Anak Cabang Bumiayu, Hj Farah Efi (sebelah kiri) bersama pengurus lainnya (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendukung dan akan berpartisipasi aktif dalam penanganan dan perlindungan terhadap orang dalam resiko (ODR) virus Corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ketua Muslimat NU Anak Cabang Bumiayu, Hj Farah Efi kepada awak media, Selasa 07 Juli 2020. "Kami selalu ikut serta dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19, termasuk dalam penanganan ODR yang ada di Bumiayu," katanya.

Menurutnya, muslimat NU akan menfasilitasi dan juga menerjunkan personil atau tenaga yang diperlukan dalam penanganan ODR seperti yang diporgramkan oleh pemerintah.

"Tenaga kami siapkan untuk bersama-sama menangani ODR di Kecamatan Bumiayu ini," ucap Efi yang juga koodinator peduli Covid-19 NU Bumiayu ini.

Dikatakan, berdasarkan data ODR di Kecamatan Bumiayu ada 169 orang. Jumlah tersebut bisa bertambah jika ditelusuri kembali ke tingkat paling bawah di desa-desa.

"Bisa jadi ada yang belum atau tidak berobat di Puskesmas atau rumah sakit, sehingga perlu juga ditelusuri lebih lanjut," ujar Efi.

Sebagai upaya perlindungan terhadap ODR, pihaknya juga akan menggencarkan lagi sosialiasi terhadap warga dalam mematuhi protokol kesehatan. Terlebih saat ini di Bumiayu ada pasien yang positif Covid-19 sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan lagi.

"Sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak harus terus dilakukan agar penyebaran Covid-19 benar-benar dapat diputus," kata Efi.

Sejak awal pandemi Covid-19 Muslimat NU Bumiayu iktu serta dalam upaya penanggulangan dampat Covid-19. Pada April lalu membagikan seribu paket sembako untuk warga tidak mampu terdampak wabah Covid19 di sekitar Kecamatan Bumiayu.

Bantuan paket sembako lebih diutamakan untuk para janda miskin, anak yatim dan warga tidak mampu lainnya. Paket sembako merupakan sumbangan dari warga NU yang tergolong mampu atau aghniya.

Warga Nahdliyin Bumiayu telah melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan kendaraan angkutan umum, juga pembagian han sanitizer. Pembagian nasi kotak juga telah dilakukan untuk para tukang becak, tukang parkir dan lainnya yang banyak beraktivitas di Kota Kecamatan Bumiayu.

"Sebelumnya sudah banyak kami lakukan aksi sosial untuk mencegah Covid-19 dan juga penanggulangan dampaknya," pungkas Efi.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita