Selasa, 07/07/2020, 17:01:42
Pemberlakukan New Normal Brebes Perlu Ditinjau Kembali
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ketua Muslimat NU Anak Cabang Kecamatan Bumiayu, Hj Farah Efi (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Anak Cabang Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Hj Farah Efi mendesak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes untuk meninjau kembali pemberlakukan New Normal. Pasalnya, saat ini masih ada pasien positif Covid-19 bahkan jumlah bertambah.

"Penerapan New Normal perlu ditinjau lagi terutama di wilayah Bumiayu yang masih ada pasien positif Covid-19," katanya kepada awak media, Selasa 07 Juli 2020.

Menurut Efi yang juga pernah duduk sebagai anggota DPRD Brebes ini, Kecamatan Bumiayu masih ada pasien positif Covid-19 sehingga perlu ada penanganan khusus dan tidak disamakan dengan daerah lainnya.

"Bumiayu mesti ada penangan khusus, jangan langsung diterapkan New Normal," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya akan mengusulkan untuk dilakukan rapid test massal, terutama terhadap warga yang rumahnya dekat pasien positif Covid-19. Selain itu rapid test juga perlu dilakukan lagi di Pasar induk Bumiayu yang letaknya juga dekat dengan daerah yang ada pasien Covid-19.

"Kami dari warga nahdliyin akan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabuapten Brebes untuk penangan Covid-19 di Bumiayu," kata Efi.

Ditambahkan, sosialisasi terhadap warga perlu kembali digalakkan agar warga tetap wapada dan tidak kendor dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan baik pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak agar ditekankan kembali.

Penyemprotan disinfektan juga perlu digalakkan kembali, sekaligus untuk mengingatkan warga agar tetap waspada.

"Kami warga nahdliyin juga siap untuk dilibatkan langsung dalam upaya pencegahan Covid-19 ini," ujar Efi.

Sebelumnya, Pemkab menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang New Normal atau kenormalan baru pada Senin 06 Juli 2020. Pemkab Brebes juga akan melakukan uji coba penerapan New Normal di beberapa tempat umum. Penetapan ini sesuai dengan rilis dari Gubernur Jawa Tengah, Brebes sudah ditetapkan zona hijau sejak 26 Juni lalu.

Penerapan New Normal akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilaksanakan di beberapa tempat obyek wisata dan pendidikan. Perbup New Normal di antaranya juga mengatur sangsi bagi warga yang melanggar ketentuan New Normal.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan ketika dikonfirmasi menyebutkan, penetapan New Norma tahap awal dan baru simulasi. Selanjutnya penerapannya juga akan memperhatikan kondisi di lapangan.

"New Norma tahap awal baru silmulasi, penerapnnya akan melihat kodisi lapangan," katanya melalui pesa WhatsApp.

Perlu diketahui, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Bumiayu, bertambah tiga orang. Penambahan terjadi pada Senin 06 Juli 2020 siang setelah sampel tes swab atau dahak menunjukkan hasil positif.

Ketiganya merupakan keluarga dari satu pasien positif Covid-19 sebelumnya. Sehingga jumlah pasien Covid-19 di Kecamatan Bumiayu menjadi empat orang. Seperti satu pasien sebelumnya ketiganya menjalani isolasi di RSUD Bumiayu.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita