Selasa, 07/07/2020, 16:01:37
Pasien Covid-19 di Bumiayu Bertambah Menjadi Empat Orang
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Pasien terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bertambah tiga orang. Penambahan terjadi pada Senin 06 Juli 2020 siang setelah sampel tes swab atau dahak menunjukkan hasil positif.

Ketiganya merupakan keluarga dari satu pasien positif Covid-19 sebelumnya. Sehingga jumlah pasien Covid-19 di Kecamatan Bumiayu menjadi empat orang. Seperti satu pasien sebelumnya ketiganya menjalani isolasi di RSUD Bumiayu.

Direktur RSUD Bumiayu, dr H Zunan Arif Budi Santoso membenarkan ketiga pasien positif Covid-19 menjalani perawatan di ruang isolasi seperti satu pasien sebelumnya.

"Ketiganya kemarin dibawa kesini dan langsung masuk ke ruang isolasi," katanya kepada awak media, Selasa 07 Juli 2020.

Menurutunya, seperti satu pasien Covid-19 sebelumnya, ketiganya akan menjalani pemeriksaan lanjutan untuk menentukan penanganan sebelumnya. Ketiga pasien tersebut merupakan hasil tracing yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, terhadap keluarga yang kontak erat.

"Setelah ada satu yang positif, dilakukan tracing dengan rapid test dan ada tiga yang reaktif, kemudian setelah dilakukan uji sampel Swab ketiganya dinyatakan positif Covid-19," terang Zunan.

Semua pasien Covid-19 dilakukan pemeriksaan lanjutan, seperti rontgen dan cek laboratorium lainnya. Hasil pengecekan tersebut untuk mengetahui kondisi pasien normal atau tidak.

"Jika kondisinya normal semua akan diserahkan pada Gugus Tugas untuk langkah berikutnya," ujar Zunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono ketika dikonfirmasi membenarkan telah ada laporan penambahan pasien Covid-19 di Kecamatan Bumiayu. "Laporan sudah masuk dan isolasi mandiri," jawabnya singkat.

Sembelumnya, satu warga dari Kecamatan Bumiayu positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD Bumiayu, sejak Selasa malam 30 Juni 2020. Pasien perempuan berusia 29 tahun itu diketahui positif Covid-19 bermula saat melakukan rapid test mandiri di RS swasta guna keperluan perjalanan ke luar pulau.

Hasil rapid test dinyatakan reaktif dan selanjutnya melakukan secara mandiri pula melakukan polymerase chain reaction (PCR) swab atau uji sampel dahak secara mandiri di RS Pertamina Cilacap dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita