merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi…"> PanturaNews - "Taktik Tulisan Unik dan Menarik" | merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi…" />
Senin, 06/07/2020, 16:41:30
Taktik Tulisan Unik dan Menarik
Resensi Buku Oleh: Laelatul Qomariyah

Judul Buku: Mengenal Kesalahan Dalam Menulis. Penulis: Ririn Setyorini M.pd. Halaman: 145 Halaman. Tahun Terbit: 2017. Penerbit: Pustaka Senja.

"MENULIS merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan telaah, serta revisi atau penyempurnaan tulisan."

Buku ini hadir bukan semata-mata untuk kita pelajari tentang teorinya saja, namun buku yang berjudul Mengenal Kesalahan Dalam Menulis ini akan menuntun para penulis pemula dalam memulai karya tulisnya. Agar lebih tahu tujuan sebenarnya dalam menulis supaya menghasilkan karya yang baik dan menarik.

Membuat karya tulis tentu tidaklah gampang butuh ketelitian, pengetahuan dan penguasaan kosa kata yang akan membuat kalimat- kalimatnya menjadi efektif, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Sedangkan didalam buku ini tertera bahwa hakikat dari menulis merupakan kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang dapat dipahami oleh pembaca.

Didalam buku ini banyak dijelaskan beberapa ulasan kesalahan-kesalahan apa saja yang biasa terjadi dalam kepenulisan misalnya ada kesalahan pada tulisan, kesalahan pada kata dan kelas kata, kesalahan pada kalimat dan kesalahan pada paragraf. Banyak sekali yang dapat kita pelajari dan mengambil manfaatnya karena jika diaplikasikan akan membawa hasil baik bagi tulisan kita.

Kesalahan dalam menulis erat kaitannya dengan kesalahan berbahasa. Hal tersebut karena dalam hal menulis seorang penulis harus mengerti dan paham akan bahasa yang digunakan dalam tulisannya tersebut. Jika seorang penulis lemah dalam hal pemahaman bahasa yang akan digunakan, sudah dapat dipastikan bahwa tulisan yang dihasilkan akan kurang maksimal bahkan tidak maksimal sama sekali. (Hal 13)

Memang kesalahan dalam menulis terkadang sulit dihindarkan karena kesalahan sedikit saja akan membuat pembaca bingung dan tidak mudah memahami.  Itulah mengapa kebahasaan menjadi faktor utama yang paling penting dalam terwujudnya sebuah tulisan yang baik.

Penulis juga menjelaskan bahwa dalam memahami hakikat sebuah kalimat, sebenarnya adalah hal yang sangat mendasar bagi siapa saja yang hendak menulis dan mengarang. Dalam sebuah kalimat memiliki dua unsur penting yaitu subjek dan predikat jika tidak memiliki kedua dasar tersebut maka bentuk kebahasaan tersebut bukanlah kalimat tetapi hanyalah frasa atau kelompok kata. (Hal 74)

 Bagi kalian yang punya hobbi dalam menulis opini, artikel jurnal, cerpen, cerita anak, dongeng, resensi buku serta yang lainnya maka buku ini patut dimiliki. Banyak sekali kelebihanya dari buku ini diantaranya adalah buku ini bahasanya sangat ringan dan cocok bagi seorang penulis pemula, karena buku ini akan menuntun hingga tulisan seperti penulis profesional.

Kemudian penulis juga menjelaskan secara detail topik yang dibahas isinya tidak berbelit-belit langsung menuju ke konsep dan buku ini juga memberikan contoh-contoh dari setiap unsur dalam membuat tulisan yang bagus, keren, unik dan menarik.

(Laelatul Qomariyah adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita