Sabtu, 04/07/2020, 12:33:25
Manfaat Teknologi Di Tengah Pandemi Covid-19
Oleh: Mira Hidayatun

SAAT ini Indonesia tengah dihadapi dengan adanya Pandemi Covid-19. Di tengah Pandemi seperti saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja, dan melakukan segala sesuatu dari rumah, salah satunya yaitu Belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020. Hal itu sebagai antisipasi andai Pandemi Covid-19 masih belum berakhir di Indonesia hingga akhir tahun.

Apakah kalian tau, apa itu pandemi? Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Ketua Umum Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) Andi Budimansyah yang mengatakan dalam kondisi seperti saat ini, semua membutuhkan internet, dan internet juga membutuhkan infrastruktur teknologi telekomunikasi.

Apa itu teknologi? Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Manfaat teknologi bagi pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 yaitu, pertama, hal penting yang perlu di perhatiakan dalam masa pandemi adalah dengan cara menambah informasi yaitu sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, Walaupun di rumah saja kita tetap mendapatkan banyak informasi karena adanya teknologi.

Berbeda dengan di masa lalu, hanya sebagian kecil orang yang memiliki akses cukup baik yang dapat memperoleh ilmu sekaligus wawasan luas. Karena sumber informasi sekaligus ilmu pengetahuan cukup terbatas, tidak cukup diperoleh dari sekolah lokal saja. Namun, kini fungsi Teknologi  hadir untuk mempermudah semua orang untuk mencari informasi seluas-luasnya.

Kedua, hal yang perlu di perhatikan kembali adalah meningkatkan kemampuan belajar ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan.

Dalam masa pandemi ini tentunya menjaga jarak sudah menjadi hal yang diwajibkan. Oleh karena itu, proses belajar dalam penggunaan buku perpustakaan juga akan terhambat. Hal ini tentunya dapat kita atasi dengan mempergunakan akses internet secara bijak. Siswa dapat menggunakan berbagai macam buku bacaan online dan bahan pembelajaran yang sudah ada di internet bisa mengirimkan beragam data dan dokumen elektronik dalam hitungan detik saja.Tidak perlu keluar rumah dan tetap mematuhi anjuran Pemerintah.

Ketiga, memudahkan akses belajar. Proses pembelajaran dapat dipemudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email, google meeting,grup whatsapp,dan google classroom. Sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut.

Peran orang tua juga sangat di perlukan dalam proses pembelajaran selama di rumah saja. Pembelajaran yang dilakukan di rumah, dapat membuat orang tua lebih mudah dalam memonitoring atau mengawasi terhadap perkembangan belajar anak secara langsung. Orang tua lebih mudah dalam membimbing dan mengawasi belajar anak dirumah.

Hal tersebut akan menimbulkan komunikasi yang lebih intensif dan akan menimbulkan hubungan kedekatan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Orang tua dapat melakukan pembimbingan secara langsung kepada anak mengenai materi pembelajaran yang belum dimengerti oleh anak. Dimana sebenarnya orang tua adalah institusi pertama dalam pendidikan anak. Dalam kegiatan pembelajaran secara online yang diberikan oleh guru, maka orang tua dapat memantau sejauh mana kompetensi dan kemampuan anaknya.

Kemudian ketidakjelasan dari materi yang diberikan oleh guru, membuat komunikasi antara orang tua dengan anak semakin terjalin dengan baik. Orang tua dapat membantu kesulitan materi yang dihadapi anak.

Keempat, materi  lebih menarik. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern. Guru juga dapat sekreatif mungkin dalam menyampaikan materi pembelajaran salah satunya yaitu dengan cara menyampaikan materi dengan menampilkan video animasi.

Salah satu contohnya adalah menggunakan Powtoon. PowToon adalah web apps berbasis IT yang bisa digunakan untuk membuat presentasi atau video animasi kartun dengan mudah. Melalui media powtoon dapat membuat siswa lebih mudah melihat secara visual . Dan pastinya kegiatan belajar menjadi tidak membosankan selama belajar di rumah.

Adapun kelebihan aplikasi powtoon adalah sebagai berikut, Memiliki animasi-animasi yang menarik, Sangat pas jika presentasi menggunakan powtoon pada jenjang sekolahan karena bisa mengusir rasa bosan melalui animasi-animasi yang dimilikinya, Hasilnya sangat menarik jika diiringi suara latar belakang yang pas Interaktif, Mencakup segala aspek indera pengeihatan dan pendengaran (Sebagai media) Penggunaannya praktikal, Kolaboratif, Dapat digunakan dalam kelompok besar, Dan lebih bervariasi

Kelima,  meningkatkan minat belajar. Untuk meningkatkan minat belajar dalam  masa pandemi ini adalah adanya dorongan motivasi guru dan orang tua kemudian adanya keniatan dan semangat pasti siswa. Kemudian guru bisa menggunakan aplikasi zoom untuk menjelaskan materi yang akan di pelajari oleh siswa sehingga siswa dapat terlibat dengan kegiatan yang di berikan oleh guru Dengan cara ini guru bisa melakukan pendekatan personal kepada anak didiknya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini membawa banyak perubahan dalam hidup manusia. Tidak terkecuali dalam hal interaksi antar manusia. Kemajuan teknologi membuat komunikasi menjadi semakin mudah. Saat tidak dapat bertemu secara langsung kita tetap dapat menjalin komunikasi.

Belajar dengan mudah meskipun dirumah saja karena adanya fasilitas-fasilitas seperti google meet, google classroom,dan lain lain. Peran orang tua juga sangat di perlukan untuk mengawasi perkembangan siswa selama pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19.

(Mira Hidayatun adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tinggal di Dukuh Kuta kulon RT/RW 08/02 Desa Kuta, Kecamatan Belik, Kapubaten Pemalang. E-mail: mirar39735@gmail.com)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita