Jumat, 03/07/2020, 12:04:31
Multifungsi Uang Dalam Dunia Halu
Resensi Buku Oleh: Leli Istianah

Judul Buku: Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Penulis: Dr. Kamsir. Tahun Terbit: 17 Juli 2014. Penerbit: PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

BUKU ini membahas tentang lembaga keuangan tentunya di  Zaman sekarang ini uang sudah menjadi peranan yang sangat penting bagi semua manusia termasuk Dunia bisnis dunia yang paling ramai dibicarakan di berbagai dunia perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis terdapat dari beragam perusahaan mulai dari usaha perdagangan, industri, pertanian, perternakan, perumahan, keuangan dan usaha-usaha lainya.

Dalam keadaan seperti sekarang ini uang sudah digunakan untuk segala keperluan sehari-hari dan merupakan suatu kebutuhan dalam menggerakkan perekonomian suatu Negara. Bahkan uang yang mula-mula hanya digunakan sebagai alat tukar, sekarang ini sudah berubah menjadi multi fungsi.

Awal mula dikenalnya uang adalah akibat dari kesulitan masyarakat dalam melakukan pertukaran yaitu sulit untuk memperoleh barang dan jasa yang diinginkan sesuai dengan jenis barang dan jasa pada saat yang sedang di butuhkan.kendala pada saat perekonomian masih menggunakan sistem barter untuk memeperoleh suatu barang atou jasa.

Sejarah perkembangan uang memiliki banyak pergantian dari uang koin atou uang logam yang terbuat dari alumunium, emas dan perak maupun uang kertas uang yang bahanya terbuat dari kertas yang berkualitas tinggi yaitu tahan terhadap air, tidak mudah robek ataupun luntur.

Zaman sekarang bisnis sudah Moderen dari mulai menggunakan cara misalnya pemasaran online shop dan hampir seluruh dunia menggunakan cara seperti pemasaran online dari pemasaran makanan, baju, sepatu dan yang lainya dapat di katakan di zaman sekarang sudah berkembang.

Buku ini menjelaskan tentang Kendala yang sering dialami sistem barter dalam melakukan pertukaran yaitu,sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya yang sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan,sulit untuk menentukan nilai barang yang akan ditukarkan terhadap barang yang diinginkan,sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya dengan jasa yang dimiliki atou sebaliknya dan sulit untuk menemukan kebutuhan yang mau di tukarkan pada saat yang cepat sesuai dengan keinginan. Artinya untuk memperoleh barang yang di inginkan merupakan waktu untuk terkadang relatif lama.

Adapun  manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya uang yaitu.memoermudah untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa yang di inginkan secara cepat,mempermudah dalam menentukan nilai(harga)dari barang dan jasa,memperlancar proses perdagangan secara luas, dan digunakan sebagi tempat menimbun Menghasilkan keuntungan.

Di dalam buku ini menjelaskan tentang fungsi uang untuk memperlancar pertukaran tetapi seiring dengan perkembangan zaman uang sekarang ini telah memiliki berbagai fungsi sehingga benar-benar dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunaan uang.dari alat tukar-menukar alat untuk membeli atou menjual suatu barang.

Buku ini dilengkapi terdapat beberapa istilah mempelajari sejarah jenis-jenis uang. Dan cara memperoleh penghasilan sambil berbisnis .sehingga pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui pemahaman seperti apa yang dimilikinya dan setelah membaca buku ini pembaca bisa memahami sejarah awal mulanya uang.

Setiap buku tentunya memiliki suatu hal yang menarik dan Kehadiran buku ini memberikan pemahaman lebih tentang permasalahan uang.bagaimana memperoleh keuangan dengan cara berbisnis. Model pengemasan ini dengan bahasa yang terkesan menarik dan membangkitkan penasaran untuk membaca di Sertai dengan penjelasan yang mudah di pahami inilah yang menjadi salah satu keunggulan buku ini.

(Leli Istianah adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita