Jumat, 03/07/2020, 08:55:06
Diantara Yang Berharga
Resensi Buku Oleh: Safitriyani

Judul Buku: Dia Adalah Kakakku. Penulis: Tere Liye. Editor: Andriyati. Penerbit: Republika. Tahun terbit: 2018 (398 halaman). ISBN: 978-602-5734-37-3.

NOVEL Dia Adalah Kakakku merupakan novel karya Tere Liye, mengisahkan tentang perjuangan dan kasih sayang yang tulus dari seorang kakak kepada adik-adiknya. Kakak yang rela mengorbankan jiwa dan raga. Novel ini adalah wajah baru dari novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye.

Novel ini mengisahkan tentang tokoh Laisa yang sangat mengasihi adik-adiknya. Pengorbanan seorang kakak terhadap adik-adiknya, hingga mencapai kesuksesan adalah sebuah sikap yang menunjukkan sebuah keluarga yang mampu berjalan dengan kebersamaan dan kerja keras. Sikap saling membantu dan interaksi diantara mereka menjadi pondasi bagi keutuhan sebuah keluarga.

Laisa selalu mengedepankan keselamatan adiknya ketimbang ia memikirkan ketakutan dan keselamatannya. Laisa yang tak menyerah untuk melindungi adik-adiknya. Laisa pemberani yang menghadapi kawanan harimau di dalam hutan ditengah malam di Gunung Kendeng demi menyelamatkan Ikanuri dan Wibisana. Pengorbanan Laisa yang rela menembus hujan mendaki bukit terjal demi menyelamatkan nyawa Yashinta yang sedang sakit keras. Membela Dalimunte di balai kampong demi kesuksesan dan kerja keras Dalimunte.

Selain rela berkorban, novel ini juga mengajarkan arti menerima, kerja keras, sifat kekeluargaan, kebersamaan, rasa kehilangan, kesederhanaan, perjuangan dan bersyukur dalam hidup. Tere Liye menyajikan cerita dengan menyelipkan makna kehidupan. Alur campuran khas Tere Liye juga sangat menarik, gaya mendongeng yang menghanyutkan. Membuat pembacanya berpikir ulang dengan cerita yang dikemas begitu rapi. Mengaduk emosi antara. sedih, terharu, kesal, lucu dan sesekali tertampar oleh kenyataan.

Banyak perjalanan hidup yang patut kita tiru untuk kehidupan kita saat ini. Meluruskan persepsi tentang masa depan, menghadapi kenyataan. Bekerja keras dalam segala hal merupakan kunci kebahagiaan dan kesuksesan. Ketika keluarga bahagia kita pun merasa bahagia. Terima kasih Laisa.

(Safitriyani adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes. Lahir di Brebes, 23 Desember tinggal di Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Hobi menulis puisi dan cerita pendek. Cita-citanya sebagai penulis buku. CP: 0823-2432-2328. E-mail: safitriyani55@gmail.com. Instagram: pipitsafitriyani23)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita