Kamis, 02/07/2020, 21:20:57
Lawan Covid-19, Mahasiswa UNS Kampanye Perilaku Hidup Bersih
Laporan Tim PanturaNews

Selama kegiatan KKN Covid, Shofa, mahasiswa UNS mengedukasi dan mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menempatkan tempat cuci tangan di beberapa titik. (Foto: Dok/Shofa)

PanturaNews (Tegal) - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Individu Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Nur Shofa Riyana dilakukan di lingkungan rumahnya, di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah yang berakhir 30 Juni 2020.

Karena pandemi Covid-19, UNS menerapkan kebijakan KKN yang berbeda dari biasanya, yakni KKN Covid dari rumah. KKN Covid ini setiap mahasiswa dapat menekan persebaran Covid-19, dan bermanfaat di lingkungan rumahnya masing-masing.

“Selama hampir dua bulan, saya kampanye tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), agar ini menjadi langkah efektif menekan persebaran Covid-19 di Kota Tegal,” tutur Nur Shofa Riyana yang akrab disapa Shofa, Kamis 02 Juli 2020.

Dalam sambutanya saat pembukaan, Ketua RW 14 Kelurahan Panggung, Joko Purnama menyambut baik KKN Covid mahasiswa UNI di wilayahnya. Menurutnya, pentingnya edukasi masyarakat guna melindungi warga dari serangan virus corona ini.

“Meskipun ahli virus menyatakan virus itu akan mati sendirinya dalam tubuh kita dalam hari ke 7 dan hari ke 14, tapi itu kan kalau kitanya sehat. Tapi lansia yang ketahanan tubuhnya kurang?,” kata Joko Purnama.

Selama peksanaan KKN, melalui spanduk dan poster yang disebar di Kelurahan Panggung, Shofa kampanye mengenai PHBS seperti cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak bila berada luar rumah. Kampanye didukung juga dengan penyediaan tempat cuci tangan yang tersebar di beberapa titik, khusus yang berpotensi berkumpulnya banyak orang.

“Kami tempatkan di masjid-masjid, jalan utama, tempat makan, dan sarana olahraga yang selalu ramai dikunjungi warga. Poster yang ada juga dapat menambah wawasan warga. Harapannya warga dapat menerapkan tips-tips kesehatan, dan memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Tegal,” kata Shofa.

Kemudian demi meningkatkan animo masyarakat mengenai tanggap Covid-19 ini, Shofa menyelenggarakan Covid-19 Video Challenge, yakni lomba membuat video ajakan melawan corona yang diposting melalui akun instagram, @shoffaryn.

“Video dapat dilakukan sendiri ataupun bersama-sama dengan kreatifitas masing-masing. Hadiahnya berupa paket sembako,” terang Shofa.

Dijelaskan Shofa, lomba yang diadakan pada bulan Juni lalu itu, memiliki berbagai topik menarik. Ada yang menampilkan info terkait corona dan persebarannya, ada juga yang berbagi pengalamannya menjalani keseharian di era pandemi. Tips kesehatan di tempat umum juga salah satu topik yang dibawakan. Berdurasikan maksimal 1 menit.

“Ternyata program lomba video ini cukup berhasil membangkitkan animo masyarakat untuk tanggap Covid-19,” ungkap Shofa.

Nantinya, lanjut Shofa, video terbaik akan dikirimkan ke youtube channel milik UP KKN UNS, untuk diposting bersama video KKN mahasiswa lainnya. Selain kampanye melalui media, kampanye daring juga digalakkan dengan menggunakan fasilitas whatsapp group Karang Taruna RW 14.

“Terimakasih edukasinya mba Shofa, semoga KKN-nya berjalan lancar,” tutur Fauzi menanggapi melalui whatsapp group. Hal yang sama juga dikatakan Jalalludin.

Meskipun KKN mahasiswa UNS, Nur Shofa Riyana telah usai, semoga warga untuk menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dapat terus diterapkan, baik di lingkungan Kelurahan Panggung maupun dimanapun mereka berada.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita