Kamis, 02/07/2020, 17:00:49
Satu Warga Positif Covid-19, Gugus Tugas Lakukan Edukasi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Warga mengikuti sosialisasi dan edukasi penanggulangan Covid-19 yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan edukasi dan sosialisasi ke sejumlah warga di Desa Bumiayu, Kamis 02 Juli 2020. Edukasi dan sosilisasi menyusul adanya satu warga di Kecamatan Bumiayu yang positif Covid-19 hasil uji sampel Swab.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto mengatakan, edukasi dan sosialisasi dilakukan setelah adanya pasien positif terkonfirmasi Covid-19.

"Edukasi dan sosialisasi sangat penting agar warga tidak panik tapi juga faham cara mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 ini," katanya.

Sosialisasi dan edukasi melibatkan warga serta tokoh masyarakat, untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran dan memutus penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bumiayu.

Menurut Ali, sesuai protokol apabila hasil Swab positif, maka harus dilakukan upaya sistematis untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar. Pencegahan dilakukan selain sosialisasi dan edukasi pada warga, juga dilakukan penyemprotan disinvektan.

"Selain itu juga dilakukan rapid test agresif dan tracking kontak erat penderita," katanya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi mengatakan, sosialiasasi dan edukasi untuk mengajak warga agar tetap waspada tapi tidak panik.

"Warga agar tahu Corona itu masih ada sehingga harus waspada dan berupaya mencegah dari penularan dengan selalu waspada dan patuh dengan protokol kesehatan," katanya.

Warga juga diminta untuk menerapkan konsep Jogo Tonggo, yakni tetap sayang dan memperlakukan secara baik terhadap pasien yang terkena Covid-19, sesuai prosedur kesehatan.

Diungkapkan, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 diduga telah melakukan perjalan ke zona merah dan dimungkinkan terpapar saat perjalanan atau saat berada di zona merah tersebut.

"Warga sebaiknya pada saat pandemi Covid-19 ini tidak bepergian ke daerah yang dinyatakan zona merah, untuk menghindari tertular," kata EKo yang juga Camat Bumiayu ini.

Seperti diketahui, satu warga dari Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD Bumiayu, sejak Selasa malam 30 Juni 2020. Meski dinyatakan positif Covid-19 warga berjenis kelamin perempuan ini tidak mengalami gejala terpapar virus corona dan dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Informasi yang diperoleh menyebutkan, pasien perempuan berusia 29 tahun itu diketahui positif Covid-19 saat melakukan rapid test mandiri di RS swasta guna keperluan melakukan perjalanan ke luar daerah.

Hasil rapid test dinyatakan reaktif dan selanjutnya melakukan secara mandiri pula melakukan polymerase chain reaction (PCR) swab atau uji sampel dahak secara mandiri di RS Pertamina Cilacap dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19. Pasien Covid-19 dan termasuk OTG itu kini atas kesadaraan dan permintaan sendiri menjalani isolasi di RSUD Bumiayu.

Sementara itu rapid test juga telah dilakukan terhadap kontak erat dari pasien tersebut. Diketahui dari tujuh orang yang dirapid test ada tiga yang hasilnya reaktif dan akan dilakukan pengambilan sampel dahak atau swab untuk diuji di laboratorium.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita