Rabu, 01/07/2020, 15:21:22
Lagi, Satu Warga Positif Covid-19 Jalani Isolasi di RSUD Bumiayu
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Satu warga dari Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD Bumiayu, sejak Selasa malam 30 Juni 2020. Meski dinyatakan positif Covid-19 warga berjenis kelamin perempuan ini tidak mengalami gejala terpapar virus corona dan dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Informasi yang diperoleh menyebutkan, warga perempuan berusia 29 tahun itu diketahui positif Covid-19 bermula saat melakukan rapid test mandiri di RS swasta guna keperluan melakukan perjalanan ke luar pulau.

Hasil rapid test dinyatakan reaktif dan selanjutnya melakukan secara mandiri pula melakukan polymerase chain reaction (PCR) swab atau uji sampel dahak secara mandiri di RS Pertamina Cilacap dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19. Pasien Covid-19 dan termasuk OTG itu kini atas kesadaraan dan permintaan sendiri menjalani isolasi di RSUD Bumiayu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes Imam Budi Santoso ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pasien positif Covid19 yang saat ini menjalani isolasi di RSUD Bumiayu.

"Ya betul ada satu pasien yang menjalani isolasi di RSUD Bumiayu," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes langsung melakukan tracking atau penelusuran terhadap keluarga pasien. Bahkan keluarga pasien juga secara sukarela menjalani rapid test di Puskesmas dan bersedia menjalani karantina mandiri.

"Dilakukan tracking terhadap keluarganya terutama yang melakukan kontak erat dengan pasien," kata Imam.

Direktur RSUD Bumiayu, dr H Zunan Arif Budi Santoso ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pasien positif Covid-19 tersebut. Pemeriksaan laboratorium lengkap termasuk dilakukan rontgen yang hasilnya untuk menentukan penangan lebih lanjut.

"Kami akan periksa lab lengkap dan rontgen yang hasilnya nanti baru menentukan penanganan dan pengelolaannya," katanya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi mengatakan, pihaknya langsung melakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut setelah mengetahui adanya warga yang positif Covid-19 tersebut.

"Hari ini ada tujuh dari anggota keluarganya yang diperkirakan ada kontak erat dengan pasien, langsung menjalani rapid test di Puskesmas Bumiayu," kata Eko yang juga juga Camat Bumiayu ini.

Dikatakan, pasien sangat kooperatif dan bersedia melakukan rapid test dan uji swab secara mandiri. Keluarganya juga saat ini dengan kesdaran datang ke Puskesmas untuk menjalani rapid test dan bersedia jika harus menjanai karantina.

"Kesadaraan masyarakat cukup baik, sehingga diharapkan Covid-19 dapat segera diatasi," pungkas Eko.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita