Rabu, 01/07/2020, 09:38:18
Kepribadian Unik Dalam Diri Manusia
Resensi Buku Oleh: Yongki Ardian

Judul Buku: Personality Plus (Kepribadian Plus). Penulis: Florence Littauer. Editor: Lyndon Saputra. Tahun Terbit: 2011. Terbit: Karisma Publishing Group Gedung Karisma, Jalan Moh. Toha No.2 Pondok Cabe Pamulang – Tangerang Selatan 15418.

DALAM buku Personality Plus ini mengupas berbagai macam kepribadian manusia mulai dari kepribadian diri sendiri kemudian kepribadian orang lain. Buku tersebut menarik pembaca untuk bisa mengetahui kepribadian manusia atau orang lain, dengan cara pembaca terlebih dahulu mengetahui kepribadian diri sendiri, kemudian setelah itu memahami kepribadian yang orang lain miliki.

Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Dalam buku tersebut disebutkan beberapa macam kapribadian seperti, kepribadian sanguinis populer, kepribadian melankolis sempurna, kepribadian koleris kuat dan kepribadian phlegmatis damai.

Beberapa kepribadian tersebut memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya, bahkan satu macam kepribadian mislanya kepribadian sanguinis populer, dalam praktiknya dia memiliki perbedaan tergantung dalam kondisi apa dan sebagai siapa orang yang memilliki kepribadian sanguinis tersebut. Misalnya seseorang yang memiliki kepribadian sangunis dalam keadaan sebagai orang tua bagi anak-anaknya, maka akan berbedan dengan dia berhadapan dengan teman-temannya, saudaranya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan kepribadian-kepribadian lainnya.

Berbagai macam kepribadian tersebut dilengkapi dengan penjelasan di mana kepribadian tersebut bisa digunakan, sehingga ketika beberapa orang sedang berkumpul bisa saling menghargai bsatu dengan yang lainnya. Tentunya ini diiringi dengan pengetahuan mengenai kepribadian manuisa.

Berbagai kepribadian yang telah diseubtkan dalam buku tersebut tentunya mempunyai kekuatan ataupun kelebihan serta kelemahan atau kekurangan. Misalnya kepribadian sanguinis populer memiliki kekuatan kepribadian yang menarik rasa humor yang hebat dan lain sebagainya. Seseorang yang mempunyai keperibadian tersaebut mampu bersosial.

Tapi seorang yang sepeerti ini jika terlslu berlebihan bisa membuat orang lain menjadi bosan dan terganggu, seperti yang dijelaskan dalam buku tersebut pada bagian tiga yaitu Rencana Kepribadian. Begitu pula dengan kepribadian yang lainnya.

Buku ini juga dilengkapi dengan profil kepribadian, terdapat beberapa istilah mengenai kepribadian seseorang. Sehingga pembaca akan lebih mudah mengetahui kepribadian seperti apa yang dimilikinya dan setelah membaca buku ini pembaca bisa memahami berbagai kepribadian orang lain.

Setiap buku tentunya memiliki suatu keistimewaan yang dihadirkan penulis agar pembaca merasa terpanggil dan merasa nyaman ketika membacanya. Berikut beberapa keistimewaan yang penulis temukan dalam buku tersebut.

1.Buku Personality Plus ini memberikan wawasan luas pada masyarakat bahwa setiap insan memiliki berbagai kepirbadian. Pembaca berusaha menganalisa, buku ini adalah buku yang sangat baik untuk keperibadian msyarakat luas, sangat baik pula untuk setiap pergaulan masyarakat, dengan mengetahui berbagai sifa dan kepribadian maka di situ akan memberikan pengertian bahwa setiap manusia perlu bisa saling menghargai satu sama lain.

Setiap pilihan katanya juga sangat menarik bagi pembaca, karena dia menggunakan kalimat sastra yang sangat bagus dalam memberikan rangsangan pada otak dalam berimajinasi, dalam berfikir luas tentang tingkah laku manusia.

2.Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai kelemahan dan kelebihan dari beberapa kepribadian, sehingga pembaca akan lebih mudah dalam mengatasi problem kepribadian yang dialami seseorang meskipun tingkat keberhasilannya belum tentu mencapai seratus persen. Akan tetapi stimulus yang terdapat dalam buku tersebut sangatlah menarik pembaca dalam memahami berbagai kepribadian.

3.Buku ini juga dilengkapi berbagai contoh atau perumpamaan bagi setiaqp kepribadian, sehingga pembaca akan lebih mudah dalam mamahami apa yang di sampaikan penulis melalui buku tersebut dan memberikan kemudahan bagi pembacanya dalam memahami maksud atau pengertian luas mengenai beberapa kepribadian yang manusia miliki

4.Setelah membaca buku tersebut, pembaca bisa memahami dalam menempatkan kepribadian dalam keadaan atau kondisi apapun.

Selain keistimewaan atau kelebihan dalam sebuah karya, tentunya terdapat pula sebuah kelemahan. Penulis menganggap bahwa di bawah ini termsauk kelemaha dari buku tersebut.

1.Pemilihan kata dalam buku tersebut memang sudah sangat baik bagi penggemar karya sastra, akan tetapi jika pembaca adalah pemula seperti anak sekolah atau mahasiswa awal yang belu begitu paham dengan kalimat sastra aan merasa kesuiltan dalam memahami buku tersebut.

2.Pada bagian Profil Kepribadian Anda dalam buku tersebut agak sulit untuk di pahami, dari setiap istilah meskipun sudah diberi penjelasan mengenai istilah-istilah tersebut akan tetapi tidak dalam satu tempat, sehingga memberikan kesan sulit bagi pembaca untuk langsung memahaminya. Mungkin akan lebih baik jika istilah-istilah tersebut bersamaan dengan penjelasannya.

(Yongki Ardian adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita