Senin, 22/06/2020, 21:53:05
Kegiatan Positif Pada Masa Pandemi Covid 19
Oleh: Dian Mike Rohmah

Sekarang Indonesia sebagai bangsa kembali mendapat ujian yang berupa virus corona, dimana ujian ini datang tidak memandang anak kecil, orang dewasa, golongan, suku, profeksi, agama dan yang lainnya, kita hanya perlu menepikan perbedaan dan bergandengan tangan, saling mendukung, saling menguatkan.

Apalagi semenjak adanya virus ini banyak keluarga yang kehilangan seseorang yang dicintainya bahkan banyak perusahaan, bisnis rumahan, pekerja lepas, hingga sector pariwisata, barang, dan jasa mengalami kesulitan dan kerugian besar.

Berbagai macam kebijakan diterapkan pemerintah Indonesia untuk memutus rantai penyebaran virus corona, salah satunya menggalakan social distancing atau terdiam dirumah. Gerakan #dirumahaja jika tidak diseimbangi dengan kegiatan positif yang bisa dilakukan maka akan timbul rasa bosan, dan jenuh karena hanya mejalankan aktivitas sehari-hari dengan suasana itu-itu saja, jika semula masyarakat bebas melakukan hal yang kita suka diluar rumah, saat ini menghindari tempat umum merupakan pilihan yang bijak.

Karena penularan virus ini yang sangat cepat. kita perlu Menjaga kesehatan fisik dan menjaga mental tetap sehat hal ini penting dan harus diperhatikan saat pandemi Covid-19, imunitas yang kita butuhkan terletak dari kekuatan dan ketahanan jiwa. Kementrian Kesehatan Repiblik Indonesia juga berupaya memberikan pemahaman terkait hal ini pada masyarakat. Dengan hal ini masyarakat disarankan untuk menyibukan diri sesuai dengan hobby saat melalui masa pandemi di rumah saja.

Meski kita hanya dirumah saja ada sisi baiknya yaitu yang biasanya kita jarang ketemu keluarga, sekarang kita menjadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dirumah. Namun, kita harus tetap mengedepankan imbauan seperti jaga jarak, rajin mencuci tangan, tidak berbagi peralatan makan, dan sebagainya

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika dirumah saja seperti:

  1. Membantu sesama manusia

memberikan bantuan kepada orang yang lebih membutuhkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Mungkin dengan bantuan memberikan dukungan dan semangat kepada mereka yang positif terkena COVID-19, hingga membantu kebutuhan pokok bagi mereka yang terdapak pandemi ini. Apapun bentuknya, kepedulian sangat berguna dimasa seperti sekarang. Sampai saatnya tiba, bangsa ini bisa melewati ujian dan kembali menjalani kehidupan normal.

  1. Mengikuti kelas online

Sekarang banyak sekolah yang diliburkan membuat anak-anak tidak bisa pergi kesekolah dan bertemu dengan teman-temannya, namun sebagai orang tua kita bisan membimbing anaknya agar tetap belajar dirumah dengan bantuan internet dan berbagai portal pembelajaran terpercaya. Selain itu kegiatan positif seperti mengikuti kelas online juga bisa rekomendasi terbaik untuk biasa mengembangkan intesitas belajar anak.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengajarkan anak  memasak, memperkenalkan kegiatan masak pada anak memberikan manfaat positif yaitu membantu mengeksplor jenis makanan dan cita rasa, memasak bisa menjadi langkah efektif untuk mengasah kemampuan dan mencoba resep-resep baru. Selain itu, kita juga bisa menyantap makanan yang lebih sehat karena dibuat sendiri.

  1. Berolahraga

 Selama dirumahaja, tidak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. Dengan berolahraaga tubuh dapat terjaga imunitasnya dan terlihat lebih sehat, serta bugar. Lakukan olahraga ringan, seperti lari di tempat, push up, sit up, dan lainya, kemudian, membaca buku.

Bacalah buku-buku baru atau buku favorit yang belum sempat diselesaikan, tak jarang setelah membaca buku orang-orang bisa mendapat insipirasi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, seperti memulai bisnis, mengubah kebiasaan, dan sebagainya.

  1. Berkebun

Kita sebagai orang tua bisa mengajarkan anak-anak berkebun dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada disekitar atau kita sebagai anak membantu orang tua untuk bertanam dikebun seperti menanan tanaman bunga dan sayur-sayuran mungkin ini juga memberikan keuntungan dikemudian hari.

5.Mengajak anak mengerjakan pekerjaan rumah

Mungkin mengerjakan pekerjaan rumah terdengar sangat membosankan. Namun, dalam kondisi lama di rumah selama social distancing wajar jika kita menjaga kebersihan rumah.

Hal in juga dapat membantu kita menjalankan pekerjaan rumah hingga selesai dan pekerjaan ini melatih rasa tanggung jawab pada anak dalam menjaga kebersihan rumah. Cara ini juga mengajarkan anak untuk ebih terampil dan mandiri.

  1. Piknik dirumah

Piknik dirumah juga merupakan hal positif agar anak tidak merasakan jenuh, hal ini seolah-olah sedang piknik diluar rumah dengan menyiapkan berbagai jenis makanan dan minuman, lalu menyantapnya bersama keluarga. Tentu hal ini sangat menarik, tambahkan makanan sehat agar memberikan efek yang baik dari makanan yang dikonsumsi.

Nah, setelah membaca artikel ini kita jadi tau kan ternyata banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan pada saat pandemic ini. Jadi, kita tidak perlu merasakan bosan, dan jenuh lagi saat dirumah.

Tidak hanya positif, kegiatan ini juga bermanfaat bagi kita semua, sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang dapat kita lakukan dirumah tinggal kita nya saja mau milih kegiatan yang mana, intinya lakukan kegiatan yang kita suka dan bermanfaat bagi kita. Yukk coba hal baru dan lawan rasa bosan dirumah!

(Dian Mike Rohmah, biasa dipanggil Mike. Tinggal di Dawuhan, Dukuh Rendah, Sirampog Brebes. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes. Hoby bola volly, membaca, dan nonton film. Cita-citanya menjadi guru sekaligus menjadi sastrawan. Motto hidup Man jadda wajadda)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita