Senin, 15/06/2020, 16:45:30
Diusulkan Fikri Faqih, Tiga Rumah Sakit Mendapat Bantuan APD
LAPORAN SL. GAHARU

Tiga Direktur RSUD menerima bantuan Alat Pelindung Diri dari Kemendikbud atas usulan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Abdul Fikri Faqih. (Foto: Dok/Ali Irfan)

PanturaNews (Tegal) - Sesuai dengan Inpres No 4 tahun 2020 tentang refocusing dan realokasi anggaran untuk pengadaan barang dan jasa dalam penangangan Covid-19, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Abdul Fikri Faqih mengusulkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hasilnya, usulan itu direalisasikan dengan disalurkanya bantuan APD kepada tiga rumah sakit di Dapil Jawa Tengah IX, yakni RSUD Kabupaten Brebes, RSUD Kardinah Kota Tegal, dan RSUD DR. Soeselo Kabupaten Tegal.

Secara simbolis penyerahan bantuan dilaksanakan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bersamaan dengan penyerahan bantuan APD untuk RSGM Unsoed dan Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto, kemarin.

“Usulan ini sesuai dengan Inpres No 4 tahun 2020 tentang refocusing dan realokasi anggaran untuk pengadaan barang dan jasa dalam penangangan Covid-19. Salah satu mitra Komisi X DPR RI yang melakukan refocusing dan realokasi anggaran ini adalah Kemendikbud,” ungkap Fikri kepada PanturaNews, Senin 15 Juni 2020.

Fikri berharap dengan adanya tambahan bantuan ini dapat membantu para relawan dan tenaga medis dalam membantu percepatan penanggulangan Covid-19 yang semakin meluas. Adapun paket APD yang diterima masing-masing RSUD itu adalah Grown cover all 320 pcs, masker medis 15 kotak, sarung tangan steril 7 kotak, dan 320 pasang sepatu boot 320 pasang.

“Yang kami usulkan hanya untuk tiga rumah sakit di Dapil Jawa Tengah IX, sementara untuk FK Unsoed dan RSGM merupakan bantuan langsung dari Kemendikbud,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari  Dapil Jawa Tengah IX (Kota/Kab Tegal, Kab Brebes) ini, menjelaskan kondisi di lapangan pihak rumah sakit masih ada yang kesulitan mendapatkan APD yang standard medis.

“Karenanya ketika ada peluang pengadaan APD untuk sejumlah rumah sakit, saya langsung mengusulkan tiga RSUD di dapil  saya,” tutur Fikri.

Acara serah terima dihadiri Direktur RSUD RSUD Brebes, dr. Oo Suprana, Direktur RSUD DR. Soeselo dr. Guntur Muh Taqwim, SpAn, M, Sc, dan Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto, SpA.

Pihak tuan rumah yang hadir sendiri diantaranya adalah Pembantu Rektor 2 UNSOED Prof. Dr. Hibnu Nugroho, SH dan Direktur RSGM UNSOED drg. Irfan Dwiandhono, Sp, KG. 

Direktur RSUD Soeselo, dr. Guntur Muh Taqwim mewakili dua RSUD lainnya menyampaikan terimakasih atas bantuan APD yang memang saat ini dibutuhkan di rumah sakit. “APD yang standard WHO ini yang memang saat ini kami butuhkan,” ujarnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita