Senin, 15/06/2020, 16:35:25
Curug Rambu Kasang Desa Ciseruh Telan Korban Jiwa
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Jenazah korban tenggelam di Curug Rambu Kasang dievakuasi setelah ditemukan oleh tim pencari (Foto: Dok. Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Dasirun (23), warga asal Desa Kamal Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilaporkan hilang, Minggu 14 Juni 2020. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, pemuda tersebut hilang tenggelam di Curug Rambu Kasang Desa Ciseruh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.

Korban tenggelam saat sedang mandi bersama kedua temannya. Dua temannya Widi (25) dan Komar (23) selamat. Sayang korban tenggelam karena tidak bisa berenang ke permukaan.

Korban yang sempat hilang ini, akhirnya berhasil ditemukan Tim SAR gabungan, Senin 15 Juni 2020 pagi. Namun demikian, korban ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Korban ditemukan meninggal dunia di kedalaman sekitar 7 meter.

"Ditemukan pukul 08.15 WIB. Pencarian dengan cara penyelaman selama kurang lebih 15 menit," ujar Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya.

Menurut dia, teknik pencarian dilakukan dengan menggunakan Sistem Circle. Yakni gerakan memutar pada titik tenggelamnya korban. Ia menuturkan, kendalanya adalah jarak pandang gelap saat menuju ke dasar Curug. Akses jalan setapak menuju curug, juga menjadi kendala tersendiri.

"Dengan diamater Curug 5 meter, jarak pandang penyelaman nol di dasarnya," terangnya.

Beruntung, saat di dasar tubuh korban langsung tampak. Tim SAR pun segera mengevakuasinya dengan menuju ke permukaan Curug.

"Segera korban kita bawa ke Puskesmas Cikesal Kecamatan Ketanggungan untuk penanganan lebih lanjut," ungkap I Nyoman.

Sementara, Dijelaskan Danramil 15 Ketanggungan, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Sugeng Wiratno, bahwa kejadian terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB, di Curug Rambukasang di kawasan hutan milik Perhutani petak 81 g RPH Ciseureuh, BKPH Banjarharjo Timur.

Ditambahkannya, faktor tak bisa berenang menyebabkan musibah tersebut terjadi.

“Jelas sangat penting bagi anak untuk belajar berenang sejak dini untuk meminimalisir resiko tenggelam,” tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita