Selasa, 02/06/2020, 21:24:39
Belasan Desa dan Area Tambak di Brebes Digenangi Banjir Rob
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Rumah warga di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes tergenang banjir rob. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Sekurangnya 14 desa di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, digenangi rob cukup tinggi, Selasa 2 Juni 2020. Lima kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Kecamatan Losari.

"Akibat dari banjir rob ini, bukan hanya pemukiman padat penduduk saja yang terkena dampaknya. Melainkan area tambak milik warga, khususnya yang dekat dengan pesisir laut utara Jawa juga terendam," ujar Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Iskandar Agung.

Menurut Iskandar, sejak tiga hari terakhir banjir rob cukup tinggi menggenangi rumah padat penduduk dan area pertambakan.

"Banjir rob ini, terjadi sejak bulan Mei. Ini karena selain faktor alam, yaitu akibat hujan turun, juga karena sudah menjadi kebiasaan musim rob," terang Iskandar.

Terkait dengan belasan desa di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes tergenang rob, lanjut Iskandar, untuk di wilayah Kecamatan Brebes ada empat desa yang terdampak banjir rob.

Di antaranya, Desa Randusanga Wetan, Randusanga Kulon, Limbangan Wetan dan Kaliwlingi. Kemudian, di Kecamatan Wanasari hanya ada satu desa yang terdampak, yakni Desa Sawojajar.

Selanjutnya, di Kecamatan Bulakamba ada tiga desa. Yaitu Desa Bangsri, Grinting dan Desa Kluwut. Sedangkan di Kecamatan Tanjung hanya di Desa Krakahan.

“Di Kecamatan Losari ada empat desa. Yakni Prapag Kidul, Prapag Lor, Karangdempel dan Limbangan,” tuturnya.

Pihaknya berharap semoga banjir rob yang menggangi 14 desa di lima kecamatan itu, segera surut. 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita